• Rab. Des 7th, 2022

Presiden Filipina Tiba Semalam, Temui Presiden Jokowi di Istana Bogor Hari Ini

Tribratanews.kepri.polri.go.id – Presiden baru Filipina, Ferdinand Marcos Jr, tiba di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada Minggu (04/09/2022) petang. Ini menandai lawatan perdananya ke Indonesia sejak dilantik sebagai presiden Filipina pada Juni lalu.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate yang menyambut langsung kedatangan Marcos Jr. “Saya ditugasi untuk menjemput Bapak Presiden Ferdinand Romualdez Marcos JR. Kunjungan beliau tentu ini suatu kehormatan bagi Indonesia,” ujar Johnny di Gedung VVIP Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang.

Menurut Johnny, kunjungan Presiden Filipina Ferdinand Romualdez Marcos JR menempatkan Indonesia sebagai tetangga strategis Filipina.

Ia berharap kunjungan Marcos Jr bisa mendorong terciptanya lebih banyak kerja sama antara Indonesia dan Filipina, terutama di sektor digital dan telekomunikasi. “Kita tentu berharap ada banyak kerja sama bilateral yang bisa kita lakukan, mengingat kondisi geografis Filipina dan Indonesia di sektor ICT hampir mirip. Indonesia negara kepulauan, Filipina pula negara kepulauan, hampir sama,” ujarnya dikutip Antara.

Salah satunya seperti pemanfaatan satelit Indonesia untuk Filipina yang diharapkan bisa menciptakan kerja sama baru antar-kedua negara.

Johnny pun menyebutkan bahwa rencana itu memang tengah disusun di antara perusahaan telekomunikasi dari kedua negara. “Kita tahun depan akan meluncurkan dua High Throughput Satellite (HTS), dengan kapasitas 300 Giga byte per second yang sebagian punya potensi untuk digunakan oleh Filipina,” jelasnya.

Sementara itu, menurut Kementerian Luar Negeri Filipina, Marcos Jr akan berada di Indonesia sampai Selasa (06/09/2022). Anak mendiang eks Presiden Ferdinand Marcos Sr itu akan bertemu Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo hari ini di Istana Bogor.

Kedua presiden dikabarkan akan membahas kerja sama aktif dan multifaset di bidang pertanian, maritim, perbatasan, ekonomi, dan kerja sama people to people. Jokowi dan Marcos Jr juga akan bertukar pandangan soal isu-isu utama yang mempengaruhi kawasan dan dunia.

Selain itu, kedua presiden juga akan menyaksikan penandatanganan beberapa kesepakatan penting di bidang pertahanan dan budaya, serta rencana aksi komprehensif yang akan memetakan prioritas bilateral kedua negara selama lima tahun ke depan.

Dalam kunjungannya ke Indonesia, Marcos Jr juga bakal bertemu dengan para pemimpin bisnis untuk mempromosikan perdagangan dan investasi guna mendukung agenda ekonomi Filipina di bawah pemerintahannya.

Usai ke Indonesia, Marcos Jr juga akan berkunjung ke Singapura pada 6 hingga 7 September atas undangan Presiden Halimah Yacob.

Sumber : TBNews Kepri