• Rab. Des 7th, 2022

Tribratanews.kepri.polri.go.id  Indonesia memiliki banyak provinsi yang terbentang dari Sumatera hingga Papua. Setiap provinsi tersebut mempunyai karakteristik yang berbeda, termasuk desain dan bentuk rumah adat masing-masing.

Beberapa di antaranya juga dijadikan ikon tempat wisata tertentu karena memiliki desain yang unik. Tak jarang membuat kota tersebut menjadi populer. Minggu, (28/08/22).

Berikut Beberapa Rumah Adat Indonesia Yang Populer :

1. Joglo

Rumah adat Joglo berasal dari Jawa Tengah. Selain unik dan populer, rumah adat ini juga mempunyai kesan mewah karena sepenuhnya dibangun dengan kayu jati yang kokoh dan filosofis.

Keunikan dari rumah adat Joglo inilah yang sering dijadikan rumah inspirasi masa kini dengan sentuhan modern. Beberapa memberikan modifikasi seperti bahan bangunan, ukiran atau hiasan, dan pemilihan warna yang menarik.

2. Honai

Rumah adat Honai merupakan salah satu rumah adat yang berasal dari wilayah timur Indonesia, Papua. Rumah adat satu ini hanya memiliki satu pintu dan tidak ada jendela. Atapnya juga terbuat dari tumpukan jerami.

Umumnya, rumah adat Honai ini dihuni oleh para cowok suku Dani. Bukan hanya sebagai tempat tinggal, rumah ini juga digunakan untuk penyimpanan pangan dan hasil panen.

3. Sulah Nyanda

Dari Provinsi Banten, ada juga rumah adat yang diberi nama Sulah Nyanda. Rumah adat Suku Baduy ini cukup populer karena keunikannya.

Pondasi rumah terbuat dari batu, tiang rumah terbuat sari kayu, lantai hingga dindingnya terbuat dari bambu, dan atapnya terbuat dari ijuk yang dikeringkan. Rumah adat Sulah Nyanda ini masih terbilang asri dan menyatu dengan alam.

4. Tongkonan

Rumah Tongkonan berasal dari Sumatera Selatan. Kata “Tongkonan” berasal dari kata “tongkon” yang mempunyai arti duduk bersama-sama.

Desain atap rumah adat Tongkonan dibuat melengkung yang terlihat seperti perahu. Dulunya, orang-orang menggunakan bambu untuk membuat atap sebelum menggantinya dengan seng.

Keunikan lainnya yang bisa dilihat dari rumah adat yang satu ini adalah susunan tanduk kerbau. Jumlah tanduk yang tersusun di depan rumah menjadi penanda status sosial pemilik rumah tersebut.

5. Rumah Gadang

Rumah adat unik dan populer lainnya adalah rumah Gadang. Rumah adat yang berasal dari Sumatera Barat ini memiliki keunikan dari atapnya yang runcing dan bangunan rumah yang memanjang ke samping.

Umumnya, rumah Gadang berwarna cokelat tua dengan dinding rumah yang dihiasi ukiran daun, bunga, dan akar. Atapnya berwarna hitam yang berasal dari susunan ijuk. Namun, saat ini orang-orang memilih seng sebagai penggantinya.

Itulah rumah adat yang unik dan cukup populer di Indonesia. Tak jarang beberapa rumah adat di atas juga dijadikan tempat wisata, sehingga kamu bisa megunjungi rumah-rumah tersebut.

Sumber : jogja.idntimes.com, TBNews Polri