Tribratanews.kepri.polri.go.id – Jakarta. Tugas dan tanggungjawab anggota Polri tidaklah ringan. Bahkan tugas anggota Polri berat dan terkadang mengancam keselamatan jiwa. Minggu, (03/07/22).

Menangani para pelaku kejahatan narkotika hingga para teroris yang mengancam keselamatan anggota polri sendiri dan masyarakat. Belum lagi tanggung jawab Polri menjaga keutuhan NKRI.

Pekerjaan dan tanggung jawab Polri yang tidak ringan itu perlulah dibarengi dengan kesejahteraan para anggota Polri dan keluarganya.

Rasanya perlu diperhatikan kepedulian Ketua Umum Sahabat Polisi Indonesia, Fonda Tangguh. Dia melontarkan wacana kenaikan gaji bagi para anggota Polri.

Wacana kenaikan gaji anggota Polri disampaikan Fonda Tanggguh pada Kamis kemarin jelang peringatan HUT Bhayangkara ke-76. Fonda mengatakan kesejahteraan anggota Polisi menjadi salah satu pekerjaan rumah.

Bagi para Sahabat Polisi, menjadi PR Kapolri terkait peningkatan kesejahteraan para anggota Polri. Terutama menurut mereka yang perlu jadi perhatian adalah soal gaji pokok anggota yang masih sangat rendah.

Berdasarkan PP Nomor 17 Tahun 2019 tentang gaji anggota Polri, nilai gaji terendah anggota Polisi itu ada di level Rp 1,64 juta. Nominal tersebut jauh lebih rendah dari upah minimum DKI Jakarta yang berjumlah Rp 4,64 juta.

Sahabat Polisi berharap Kapolri dapat segera menyelesaikan persoalan ini. Sebab perbaikan kesejahteraan anggota memang menjadi kunci untuk melakukan reformasi Polri.

Kenaikan gaji akan menjadi salah satu legacy yang akan diingat masyarakat dari Kapolri. Jika hal ini terealisasi, maka Kapolri telah meletakkan fondasi yang lebih baik untuk melakukan reformasi Kepolisian.

Berdasarkan data 2019 yang disampaikan Sahabat Polisi, terungkap sebanyak 77,6 persen atau sekitar 365 ribu personel kepolisian berada pada golongan Bintara. Karena itu, problem utama mayoritas anggota Polri di level ini adalah soal kesejahteraan.

Jadi isu kenaikan gaji merupakan harapan banyak anggota yang disampaikan kepada Sahabat Polisi Indonesia. Sahabat Polisi berharap pada perjuangan dan kebijaksanaan Kapolri Sigit untuk memperhatian soal kenaikan gaji anggota Polri.

 

 

 

 

 

 

 

 

Sumber : TBNews Polri

https://tribratanews.polri.go.id/blog/nasional-3/wacana-kenaikan-gaji-anggota-polri-48009