Tribratanews.kepri.polri.go.id –  Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Yayasan Kemala Bhayangkari (YKB)  ke-42 Tahun 2022 dilaksanakan secara virtual langsung bersama Pengurus Pusat Bhayangkari pada hari Senin tanggal 23 Mei 2022 pukul 09.00 WIB s/d selesai dengan mengusung tema “YAYASAN KEMALA BHAYANGKARI MENDUKUNG PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN DENGAN SEMANGAT KEBHAYANGKARAAN MENUJU MERDEKA BELAJAR “.

Pelaksanaannya untuk Polda Kepri di Ruang Video conference Polda Kepri dihadiri antara lain :

  • Kapolda Kepri Irjen Pol. Dr. Aris Budiman, M.Si selaku Penasehat Yayasan Kemala Bhayangkari Daerah Kepri.
  • Ketua Bhayangkari Daerah Kepri Ny. Since Aris Budiman selaku Pembina YKB Daerah Kepri.
  • Pengurus YKB Daerah Kepri beserta anggota.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua YKB Pusat, Ny. Juliati Sigit Prabowo, selaku Ketua Pembina YKB menyampaikan : “Dengan mengusung Tema Yayasan Kemala Bhayangkari Mendukung Peningkatan Kualitas Pendidikan dengan Semangat Ke – Bhayangkaraan Menuju Merdeka Belajar, bukan hanya slogan namun juga bermakna sebagai payung dan arah serta warna yang akan diterapkan setiap kegiatan yang akan dilakukan Yayasan Kemala Bhayangkari dimasa mendatang”.

“Diawali dengan munculnya gagasan untuk memberi nilai ke khasan pada sekolah-sekolah Kemala Bhayangkari menjadi tantangan bagi Yayasan Kemala Bhayangkari yang berada di bawah naungan institusi Polri untuk dapat memberi sentuhan bagi peserta didik dalam bentuk pendidikan yang sarat dengan nilai-nilai kebhayangkaraan mulai dari jenjang Paud, SD, SMP, SMA / SMK termasuk juga SLB”, Tutur Ketua Pembina YKB Pusat.

“Selanjutnya, gagasan tersebut direalisasikan dengan membentuk tim perumus kurikulum ke – Khayangkaraan, bahkan Yayasan Kemala Bhayangkari bekerjasama dengan tim transformasi pendidikan untuk merealisasikan program transformasi tata kelola dan revitalisasi layanan pendidikan Yayasan Kemala Bhayangkari menuju pendidikan ke bhayangkaraan”, Ujar Ny. Juliati Sigit Prabowo.

“Ucapan terima kasih diberikan kepada seluruh Pengurus YKB di tingkat pusat maupun di tingkat daerah, serta kepada Penasehat Daerah atas arahan dan bimbingan baik moril maupun materiil yang telah diberikan dalam pendukung pelaksanaan kegiatan Yayasan Kemala Bhayangkari”, Tutup Ny. Juliati Sigit Prabowo, selaku Ketua Pembina YKB.

Acara dilanjutkan dengan penyanpaian Sambutan Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo, M.Si., Selaku Ketua Penasehat YKB : “Dengan mengucap puji dan syukur Kepada Tuhan Yang Maha Esa, semoga giatan memperingati puncak HUT YKB ke-42 ini, berjalan sukses dan lancer”.

“Selamat ulang tahun YKB ke-42 Tahun 2022’, Ucap Kapolri.

HUT YKB ini selalu diingat oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, karena hari bertepatan dengan hari ulang tahun Kapolri.

Kapolri juga mengingatkan pentingnya sejarah yang telah membesarkan nama YKB tidak lepas dari peran serta pemrakarsa terdahulu, dengan sedikit kilas balik menyadari pengelolaan pendidikan umum harus dikelola dengan baik dan benar sesuai dengan ketentuan yang berlaku, maka dibutuhkan sebuah yayasan.

Sejalan dengan semangat tersebut, Yayasan Kemala Bhayangkari mempunyai visi dan misi, membantu kegiatan Bhayangkari di bidang sosial, keagamaan, serta kemanusiaan, dalam mencerdaskan anak bangsa dan kesejahteraan keluarga besar Polri khususnya, serta masyarakat pada umumnya. Yayasan Kemala Bhayangkari dibentuk atas prakarsa Ny. Widodo Budidarmo yang saat itu menjabat sebagai Ketua Umum Bhayangkari periode 1975 – 1978. Selanjutnya oleh Ketua Umum Bhayangkari periode 1978 – 1982 yaitu Ny. Poppy Awaluddin Djamin mendaftarkan akte pendirian ke notaris Ny. Hidajati Ananta Prajitno Nitisastro, S.H. pada tanggal 5 Mei 1980 dengan nama Yayasan Kemala Bhayangkari yang berkedudukan dan berkantor pusat di Jakarta. Sehingga setiap tanggal 5 Mei diperingati sebagai hari ulang tahun yayasan dan telah sah diakui secara hukum.

Kapolri juga memberikan pemahaman tentang perbedaan Organisasi Bhayangkari dan Yayasan Kemala Bhayangkari agar dipahami oleh para anggota Polri seluruh Indonesia.

“Bahwasanya Organisasi Bhayangkari merupakan organisasi yang dibentuk bagi istri Polri dengan tujuan mempunyai wadah dan memudahkan kejelasan status bagi istri-istri Polri saat mendampingi suami menjalan tugas dimanapun berada.  Sedangkan Yayasan Kemala Bhayangkari dibentuk untuk membantu kegiatan Bhayangkari di bidang sosial, keagamaan, serta kemanusiaan dalam mencerdaskan anak bangsa dan kesejahteraan keluarga besar Polri khususnya, serta masyarakat pada umumnya”’ Jelas Kapolri.

Harapan dari Kapolri untuk Yayasan Kemala bhayangkari ini, semoga dengan adanya kepengurusan YKB betul-betul bisa melaksanakan apa yang menjadi visinya untuk terus dapat berperan dalam mendukung dan membangun bangsa.

Kemudian acara selanjutnya adalah pemotongan tumpeng yang diserahkan bagi kesetiaan anggota pengurus YKB terlama berperan dalam kepengurusan. Tumpeng diberikan oleh Ketua Pembina YKB Daerah Kepri didampingi oleh Kapolda Kepri selaku Penasehat YKB Daerah Kepri serta penyerahan bantuan pendidikan YKB untuk 11 Putra Putri Keluarga Besar Polri, Bhayangkari Daerah Kepri senilai Rp. 13 juta.

 

 

 

 

By adminyl

One thought on “HUT Yayasan Kemala Bhayangkari ke-42 Tahun 2022”

Comments are closed.