Tribratanews.kepri.polri.go.id – Jika ingin membakar kalori, asupan makanan dan olahraga harus seimbang. Enam makanan ini disebut ahli kesehatan baik untuk maksimalkan pembakaran kalori setelah olahraga.

Menurunkan berat badan dan menjaga tubuh tetap prima bukan hal yang mudah. Ada kebiasaan sehat dan pola makan tepat yang harus dijalani dengan penuh komitmen. Rabu, (18/5/22).

Bukan hanya menjaga asupan makanan, melainkan juga memenuhi kebutuhan olahraga agar otot tubuh tetap terlatih. Hal ini menjadi salah satu upaya agar metabolisme tetap berjalan lancar dan kalori tidak menumpuk di dalam tubuh.

Tetapi menurut ahli kesehatan dan ahli gizi, memperhatikan asupan setelah berolahraga juga penting dilakukan agar pembakaran kalori maksimal hasilnya. Berikut makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi setelah berolahraga.

1. Oatmeal

Oatmeal menjadi salah satu makanan go-to pemulih setelah berolahraga karena memiliki karbohidrat dan protein dan sangat baik jika ditambahkan beberapa jenis makanan lainnya seperti buah-buahan dan kacang-kacangan.

Pada 64 gram oatmeal saja bisa memenuhi kebutuhan protein sebanyak 5 gram dan karbohidrat mencapai 27 gram. Kandungan ini dinilai oleh Rizzo sangat cukup untuk menunda lapar dan mengembalikan energi setelah membakar habis kalori saat berolahraga sehingga mencegah untuk kembali makan terlalu banyak.

2. Buah Berry

Kaya akan kandungan antioksidan yang mampu melawan inflamasi, beberapa buah berry begitu direkomendasikan ahli. Ada blueberry, strawberry hingga blackberry.

Beberapa gejala inflamasi seringkali timbul setelah melakukan olahraga. Hal ini wajar terjadi karena tubuh akan melakukan proses pemulihan. Maka sangat dibutuhkan asupan antioksidan agar pemulihan yang berproses dalam tubuh berlangsung lebih cepat dan tidak mengganggu kesehatan.

3. Kacang-Kacangan

Jika perutmu mampu menahannya, konsumsi beberapa butir kacang setelah berolahraga akan memberikan kombinasi karbohidrat dan protein yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Kacang-kacangan seberat 128 gram mampu memenuhi asupan protein mencapai 15 gram, 45 gram karbohidrat hingga mengembalikan 245 kalori sehat.

4. Almond

Kacang almond seringkali dianggap sebagai jenis kacang-kacangan yang paling sehat dibandingkan dengan jenis yang lainnya. Banyak ahli yang juga mengatakan bahwa kacang almond menjadi makanan yang tepat setelah melakukan olahraga baik yang ringan hingga yang berat.

Almond itu sangat baik sebagai makanan pemulih karena pada 28 gram kacang almond memiliki 6 gram protein, kira-kira sekitar 23 biji almond. Takaran tersebut juga mampu memenuhi 20% kebutuhan magnesium, yang merupakan mineral untuk memproduksi energi dan mendukung fungsi otot.

5. Yogurt

Protein dari susu juga sangat dianjurkan karena nutrisinya diakui sebagai yang terbaik. Mengonsumsi 9 gram protein dari susu dapat membantu membentuk protein sintesis pada otot dan hasilnya pemulihan akan lebih cepat.

Salah satu sumber protein susu yang dianjurkan adalah olahan yogurt yang merupakan hasil dari fermentasi susu.

6. Susu Cokelat

Jika menurutmu makan setelah olahraga kurang menarik, penggantinya kamu bisa mengonsumsi susu cokelat untuk mengembalikan pembentukan dan pemulihan otot. Konsumsi susu cokelat ini juga dinilai sebagai cara terbaik untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat yang terbukti mampu mengisi kembali cadangan glikogen dengan cepat.

 

 

 

 

 

Sumber : TBNews Polri