Tribratanews.kepri.polri.go.id – Personel Sat Binmas Polres Kepulauan Anambas melaksanakan kegiatan Pembinaan Ketertiban Masyarakat (Bintibmas) Perlindungan Masyarakat (Linmas)  terkait tentang tugas pokok, fungsi dan peran Linmas yang dipimpin Aipda Renyus Petrus Silalahi selaku Ps. Kabag Bin Opsnal (KBO) Satbinmas Polres Anambas.

Kegiatan tersebut diawali kata sambutan oleh SYAWAL selaku Kepala Desa Tarempa Timur Desa Antang kepada masyarakat yang hadir di Balai Desa Kelurahan Tarempa Timur Desa Antang Kecamatan Siantan Kabupaten Kepulauan Anambas. Rabu (18/05/2022).

Satuan Linmas adalah warga masyarakat yang disiapkan dan dibekali pengetahuan serta keterampilan untuk melaksanakan kegiatan penanganan bencana guna mengurangi dan memperkecil damp[ak atau akibat bencana, serta ikut memelihara keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat serta kegiatan sosial kemasyarakatan.

Pengertian Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) dapat ditemukan dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 10 Tahun 2009 tentang Penugasan Satuan Perlindungan Masyarakat Dalam Penanganan Ketenteraman, Ketertiban, dan Keamanan Penyelenggaraan Pemilihan Umum pada pasal 1 butir 1 yaitu : Satuan Perlindungan Masyarakat yang selanjutnya disebut Satuan Linmas adalah warga masyarakat yang disiapkan dan dibekali pengetahuan serta keterampilan untuk melaksanakan kegiatan penanganan bencana guna mengurangi dan memperkecil akibat bencana, serta ikut memelihara keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat, kegiatan sosial kemasyarakatan.

Peranan Linmas dilingkungan masyarakat bertujuan untuk menciptakan keamanan dan ketertiban didalam lingkungan masyarakat, sebagai salah satu contohnya yaitu melakukan ronda keliling di desa untuk menghindari pencurian dan juga mendata orang yang bukan warga desa tersebut.