Tribratanews.kepri.polri.go.id – Karimun.  Penyuluh Agama Buddha Kantor Kemenag Kabupaten Karimun Heri Paryono, S.Pd. mengikuti prosesi peringatan Hari Raya Waisak 2566 BE/Tahun 2022 di Vihara Sasana Diepa Kecamatan Meral, Senin, 16 Mei 2022.
Kegiatan Prosesi Hari Waisak 2566 BE/Tahun 2022 di Vihara Sasana Diepa dipandu oleh Romo pandita Wagimin, Ketua Yayasan Vihara Sasana Diepa, Herman dan Penyuluh Agama Buddha Heri Paryono, S.Pd. dan dihadiri Umat Buddha Vihara Sasana Diepa.

“Hari raya waisak tahun ini jatuh pada tanggal 16 Mei 2022. Umat Buddha di Vihara Sasana Diepa merayakan hari Waisak melalui serangkaian upacara atau prosesi ritual seperti melakukan berbagai persembahan puja pada altar Buddha berupa lilin, bunga, buah dan lainnya.” Jelas Heri Paryono, S.Pd. Penyuluh Agama Buddha Kantor Kemenag Kabupaten Karimun.

Setelah prosesi persembahan puja, terang Heri Paryono, S.Pd. kemudian dilanjutkan dengan memanjatkan paritta / puja bhakti, bermeditasi, menanti detik-detik Waisak, melepas hewan ke alam bebas dan penyampaian pesan waisak.

“Pesan pertama disampaikan oleh Romo Pandita Wagimin yang mengingatkan untuk bersama-sama melatih diri untuk tidak melakukan segala bentuk kejahatan, menambah perbuatan baik, dan membersihkan hati dan pikiran, hal ini merupakan ajaran para Buddha.” Kata Heri Paryono, S.Pd.

“Selanjutnya pesan dari Bapak Herman selaku Ketua Yayasan sangat bersyukur karena pada perayaan waisak tahun ini berlangsung sangat meriah dengan adanya berbagai macam prosesi upacara ritual. Beliau juga menghimbau kepada semua umat Buddha yang hadir untuk tetap mematuhi protokol kesehatan.” Tambah Heri Paryono, S.Pd. lagi.

Dan dari Penyuluh Agama Buddha Heri Paryono, S.Pd. sendiri menyampaikan pesan waisak mewakili Penyelenggara Buddha. Dirjen Bimas Buddha Kementerian Agama Republik Indonesia mengambil tema Moderasi Beragama Untuk Indonesia Bahagia.

“Untuk mewujudkan hal tersebut tentu perlu meningkatkan pemahaman terhadap ajaran Buddha. Berusaha mempraktikan ajaran buddha secara nyata untuk memperoleh kebahagiaan, baik kebahagiaan jasmani maupun kebahagiaan batin.” Tutup Heri Paryono, S.Pd.

 

 

 

 

Sumber : Kanwil Kemenag Prov Kepri

https://kepri.kemenag.go.id/page/det/prosesi-ritual-hari-raya-waisak-2566-be-tahun-2022-di-vihara-sasana-diepa-kecamatan-meral