Tribratanews.kepri.polri.go.id – PESONA pariwisata Jawa Barat memang tiada duanya. Provinsi yang berbatasan dengan DKI Jakarta, Jawa Tengah dan Banten ini, sejak dulu dikenal memiliki diversifikasi produk unggulan wisata yang beragam.

Selain wisata alam, Jawa Barat juga dikenal dengan aneka objek wisata lainnya. Sebut saja wisata minat khusus, wisata sejarah, wisata bangunan tua atau heritage, wisata dirgantara, serta berbagai wisata lainnya.

Ini menandakan kalau wilayah Jawa Barat selalu menjadi daya tarik bagi wisatawan baik lokal, nusantara maupun mancanegara. Tak berlebihan jika kemudian ada pameo yang menyebutkan, “Tuhan sedang tersenyum saat menciptakan Tanah Sunda (Jawa Barat)”.

Salah satu wilayah di Jawa Barat yang juga memiliki banyak sekali keragaman objek wisata adalah Kabupaten Bandung. Wilayah Kabupaten Bandung yang berbatasan dengan Kota Bandung, Kota Cimahi, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Sumedang, Kabupaten Garut, Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Cianjur serta sejumlah wilayah lainnya ini, dikenal pula menjadi salah satu daya tarik wisatawan.

Lalu tahukah Anda di wilayah Kabupaten Bandung ini ternyata terdapat Jembatan Gantung Terpanjang di Asia Tenggara? Namanya adalah Jembatan Gantung Rengganis di kawasan Desa Patengan Kecamatan Rancabali Kabupaten Bandung, yang belum lama diresmikan.

Kini, Jembatan Gantung Rengganis menjadi ikon baru di kawasan obyek wisata yang berada di kawasan Kawah Rengganis dan diklaim sebagai jembatan gantung terpanjang se-Asia Tenggara karena memiliki panjang 350-370 meter.

Pada saat soft launching, Bupati Bandung Dadang Supriatna pun mengajak para wisatawan yang sedang liburan Lebaran untuk berkunjung ke Jembatan Gantung Rengganis tersebut.

“Hayu kunjungi Jembatan Gantung Rengganis,” ajak Bupati Bandung, dikutip dalam unggahan videonya yang dibagikan dalam grup whatsapp, baru-baru ini.

Bupati pun mengaku sangat takjub ketika melihat pembangunan Jembatan Gantung Rengganis di kawasan hutan atau pepohonan yang masih asri, alami dan rimbun. Udaranya pun sangat bersih dan sehat.

“Kini Kabupaten Bandung miliki Jembatan Gantung Rengganis terpanjang se-Asia Tenggara, dengan panjang 350 meter,” ungkapnya.

Jembatan Gantung Rengganis menghubungkan wisatawan yang ingin menuju akses ke wisata Kawah Rengganis. Di Kawah Rengganis wisatawan bisa mandi, berenang, karena memang ada kolam.

Untuk diketahui, Jembatan Gantung Rengganis dan Kawah Rengganis itu tidak jauh dari kawasan wisata Situ Patengan karena akses jalannya dari arah Ciwidey maupun Soreang berada pada satu jalur yang sama untuk menuju obyek wisata tersebut.

Namun akses jalan ke Jembatan Gantung Rengganis dan Kawah Rengganis ini, menuju ke arah akses Naringgul Cianjur, yang jaraknya tidak jauh dari kawasan Situ Patengan Rancabali.

Jembatan Gantung Rengganis memiliki panjang 370 meter dengan ketinggian dari permukaan tanah mencapai 80 meter, dan ini mampu mengalahkan jembatan gantung terpanjang sebelumnya yang ada di Sukabumi dengan rentang mencapai 200 meter lebih.

Para wisatawan yang berada di atas jembatan gantung itu, tentunya bisa melihat keindahan alam dengan jarak pandang 360 derajat. Tak hanya itu, wisatawan bisa melihat Kawah Rengganis dan indahnya kabut.

Ada beberapa aturan untuk melintasi jembatan ini, yaitu pengunjung tidak boleh loncat-loncat, wajib menggunakan sabuk pengaman dan harus antre atau giliran, karena kapasitas jembatan hanya untuk 80 orang. So jika jalan-jalan ke Ciwidey, jangan lupa untuk berkunjung ke Jembatan Gantung Rengganis ya. (Efrie Christianto)***