Tribratanews.kepri.polri.go.id – Menurut Organisasi Kesehatan Dunia, hampir 246 juta orang di dunia mengalami depresi. Jika dibiarkan berlarut-larut, depresi bisa menimbulkan masalah kesehatan yang serius. Depresi bisa diatasi dengan berkonsultasi kepada profesional kesehatan mental.

Selain itu, kita juga bisa mengurangi risiko depresi dengan berolahraga, Menurut pakar pengobatan integratif Dr. Irina Todorov, olahraga tidak hanya dapat membantu meringankan depresi, tetapi juga dapat menurunkan tekanan darah, memperbaiki profil kolesterol.

“Olahraga juga membantu mengontrol gula darah dan mengurangi risiko penyakit jantung, diabetes, dan kanker,” jelas pakar pengobatan integratif.

Aktivitas fisik bersama dengan pilihan makanan sehat bisa menguragi level stres dan meningkatkan suasana hati. Hal tersebut otomatis mengurangi risiko depresi dan kecemasan.

Berikut alasan mengapa olahraga bisa membuat kita bahagia :

1. Mengurangi stres

Menurut data CDC di tahun 2019, hampir 4,7 persen orang berusia 18 tahuh ke atas memiliki perasaan depresi yang teratur. Hal itu disebabkan oleh adanya gaya hidup yang memicu stres tinggi.

Peningkatan pelepasan hormon stres dapat merusak atau mencegah pertumbuhan sel di daerah otak yang mengontrol suasana hati kita. Dengan berolaraga, produksi hormon stres berkurang sehingga risiko depresi bisa dikurangi.

2. Pengobatan resmi untuk depresi

American Psychiatric Association merekomendasikan olahraga sebagai pilihan pengobatan untuk depresi. Manfaat olahraga bisa didapatkan dengan maksimal jika kita mengombinasikannya dengan perawatan standar.

Riset juga membuktikan bahwa olahraga aerobik (berlari, bejalan, dan bersepeda) dan latihan ketahanan bisa mengurangi gejala depresi. Data Cleveland Clini juga menyebutkan bahwa depresi dapat teratasi dalam waktu empat minggu setelah memulai rutinitas olahraga. CDC juga merekomendasikan agar kita melakukan olahraga sebanyak 150 menit dalam seminggu.

3. Menimbulkan kepuasan tersendiri

Aktivitas fisik secara teratur dapat menurunkan tekanan darah, memperbaiki profil kolesterol dan membantu mengontrol gula darah. Selain itu, olahraga juga memperkuat otot Anda, meningkatkan fleksibilitas dan keseimbangan dan membantu memperkuat tulang.

Aktivitas fisik yang teratur membantu Anda mencapai atau mempertahankan berat badan yang sehat dan tampil terbaik. Dengan begitu, ada kepuasan tersendiri yang muncul di hati.

 

 

 

 

Sumber : TBNews Polri

https://tribratanews.polri.go.id/blog/olahraga-8/berikut-alasan-olahraga-bisa-membuat-bahagia-46267