Tribratanews.kepri.polri.go.id – Umat Muslim yang melakukan puasa di bulan Ramadan tidak hanya mengalami perubahan pola makan saja, tetapi juga perubahan aktivitas. Kurangnya waktu tidur dan asupan yang masuk ke tubuh sepanjang hari selama bulan Ramadan dapat membuat tubuh terasa lemas. Sabtu (16/4/22).

Bahkan banyak yang menghindari berbagai kegiatan yang terbilang bisa menguras banyak tenaga, termasuk berolahraga. Padahal, melakukan olahraga di saat menjalani ibadah puasa memiliki berbagai manfaat bagi tubuh yang bisa Anda peroleh.

Olahraga yang dilakukan bisa membatalkan puasa, lakukan olahraga dengan intesintas ringan atau berolahraga satu jam sebelum waktu berbuka.

Berikut 4 manfaat olahraga saat berpuasa di bulan Ramadan :

1. Menghilangkan Stres

Gerakan yang tidak monoton dan interaksi yang dilakukan saat berolahraga dapat menghilangkan rasa stres.

Jika seharian Anda sudah dipenuhi dengan kepadatan aktivitas, sempatkan diri untuk memilih olahraga yang pas untuk Anda lakukan.

Beragam latihan yang menyenangkan bisa Anda temukan dan coba langsung untuk menghilangkan stres, semisal zumba dan piloxing yang menggabungkan pilates dan tinju.

2. Melancarkan Pencernaan

Manfaat olahraga saat puasa berikutnya adalah dapat melancarkan pencernaan. Meski saat puasa sistem pencernaan pada tubuh ikut beristirahat karena tidak adanya asupan makanan ataupun minuman yang masuk, dengan olahraga sirkulasi darah di dalam tubuh kita akan tetap lancar.

Tidak sampai di situ, fungsi kelenjar getah bening pun akan meningkat seiring kegiatan yang Anda lakukan sehingga proses detoksifikasi atau pembuangan racun akan menjadi lebih baik selama berpuasa di bulan Ramadan.

3. Menurunkan Berat Badan Berlebih

Selain melancarkan pencernaan, manfaat olahraga saat puasa dapat menurunkan berat badan berlebih. Sudah menjadi rahasia umum, olahraga yang dilakukan dengan durasi dan cara yang tepat dapat membantu Anda menurunkan berat badan.

Terutama untuk wanita yang ingin mendapatkan bentuk tubuh ideal, kombinasi dari puasa dan olahraga ringan selama bulan Ramadan dipercaya dapat memperlancar proses diet yang Anda jalani sehingga berat badan akan lekas turun dengan lebih cepat.

4. Tubuh Tetap Sehat dan Berenergi

Selanjutnya, tidak sedikit orang tua yang terlihat lebih bugar dibandingkan dengan orang-orang seumuran mereka, bahkan mungkin memiliki tubuh yang tetap sehat dan lebih berenergi daripada anak muda.

Olahraga adalah kuncinya. Padukan makanan sehat saat sahur dan berbuka puasa dengan beragam jenis olahraga yang memang menjadi favorit Anda. Yoga menjadi satu di antara olahraga yang bisa Anda pilih.

By adminyl