Tribratanews.kepri.polri.go.id – Sebagai lembaga Kepolisian yang bertujuan untuk memberikan keamanan dan pengayoman kepada masyarakat tentunya tidak bisa bergerak sendiri sehingga membutuhkan divisi lain namun tetap berada di bawah lingkungan Kepolisian. Tujuannya tidak lain untuk melayani masyarakat untuk menertibkan masyarakat yang belum sadar akan pentingnya hidup dengan aturan dan keselarasan. Terdapat 4 divisi non Kepolisian dengan tujuan yang berbeda akan tetapi prinsip sama yakni memberikan keamanan dan kenyamanan pada masyarakat.

  • Polisi Pamong Praja

Tak sulit untuk mengenali satuan yang ini karena seringkali bersinggungan dengan para pedagang atau PKL yang melanggar ketertiban daerah. Polisi Pramong Praja atau biasa disingkat dengan Satpol PP merupakan divisi yang ditugaskan untuk membantu Kepala Daerah untuk menertibkan daerah yang berada dalam naungannya. Satpol PP biasanya akan menjadi pelaksana peraturan yang ditetapkan oleh pemerintah daerah sehingga kerap kali bersinggungan dengan masyarakat yang tidak taat aturan. Umumnya Satpol PP akan membongkar reklame, bangunan liar, dan berbagai macam iklan yang terpasang tidak sesuai dengan tempatnya.

  • Polisi Kehutanan Indonesia

Berikutnya ada polisi yang ditugaskan khusus untuk memberikan keamanan pada seluruh hutan di Indonesia. Negara ini terkenal akan luasnya hutan yang dimiliki sehingga banyak oknum yang ingin memanfaatkannya untuk kepentingan pribadi dengan mencuri kayu secara ilegal atau melakukan pembakaran hutan. Tidak sampai disana didalamnya juga terdapat banyak oknum yang berburu satwa liar yang dilindungi sehingga berangkat dari permasalahan tersebut dibentuklah satuan yang bertugas untuk melindungi hutan di seluruh Indonesia.

  • Polisis Khusus Lembaga Pemasyarakatan

adalah polisi dibawah naungan Kementrian Hukum dan HAM yang bertugas sebagai penjaga para narapidana di lembaga pemasyarakatan.

  • Polisi Khusus Kereta Api

Kereta api merupakan kendaraan paling banyak dipilih oleh masyarakat untuk transportasi umum. Dengan perjalanan yang jauh serta melewati daerah yang jauh dari keramaian membuatnya memerlukan keamanan yang bertugas dalam kereta untuk melindungi penumpang dan staf yang ada dalam kereta. Polisi Khusus Kereta Api atau biasa dikenal dengan POLSUSKA merupakan divisi yang siaga untuk memberikan pelayanan dan keamanan pada alat tarnsportasi kereta api.  Pelatihan yang diberikan pun dilaksanakan oleh PT. KAI dengan Kepolisian. Kehadiran POLSUSKA sangat membantu perjalanan kereta api agar aman dan nyaman serta dijauhkan dari tindakan kriminal.

Editor : Nora Listiawati

Penulis : Adrian Boby

Publisher : Nolanda