Tribratanews.kepri.polri.go.id – Semakin berkembangnya dunia internet, maka semakin banyak pula manusia yang mulai kecanduan media sosial. Mulai dari Facebook sampai Instagram. Alih-alih bisa seenaknya nyampah dengan postingan yang kamu suka, membuat status di media sosial juga ada aturannya. Jadi pengguna media sosial yang cerdas itu adalah keharusan.

Nah, kalau kamu gak ingin dibenci teman-temanmu di media sosial, pastikan kamu gak posting hal-hal di bawah ini ya!

1. Spam banyak kegalauan dan omel-omelanmu dalam satu waktu yang bersamaan.

Status memang menjadi satu sarana untuk mengungkapkan perasaan. Itu adalah hak. Namun bukan berarti kamu bisa sering membuat status omel-omelan dan sindiran sana-sini yang bisa memenuhi timeline seseorang. Siapa tahu orang bakal merasa risih karena terlalu banyak status yang depressing.

Ingatlah bahwa media sosial adalah tempat bersama, jadi perhatikan kenyamanan orang juga ya. Kalau kamu ada masalah dengan orang lain, kamu bisa menghubungi secara langsung. Jadi kamu tidak harus spamming di media sosial.

2. Share gambar yang menjijikan dan gak enak untuk dipandang.

Gak semua orang suka dengan gambar-gambar yang kamu share. Biasanya media sosial memang tidak mem-filter gambar-gambar tertentu yang kadang tidak baik untuk dipandang, jadi kamu harus lebih selektif. Contohnya seperti bagian-bagian tubuh yang berlubang, atau hasil nyilet-nyilet yang gak cocok banget buat ditunjukkan di media sosial. Media sosial bukan hanya milik kamu saja.

3. Sengaja buat status yang berbau SARA untuk memancing emosi pada pembaca.

Sesuatu yang berbau SARA itu sangatlah sensitif. Jadi tidak perlu ditanya lagi kenapa kamu bisa dibenci dengan membuat status yang berbau SARA. Apalagi jika kamu berniat menghina satu golongan. Siap-siap saja dihujat para netizen.

  1. Buat status yang terlalu memuja-muja satu figur politik tertentu.

Memuja figur tertentu terlalu berlebihan memang hak setiap orang. Tapi kamu gak perlu gembor-gembor di media sosial. Apalagi kalau kamu sampai harus menghina-hina figur lainnya dan bahkan orang yang tidak setuju dengan kamu, bisa-bisa kamu di-unfriend banyak orang.

5. Share berita yang provokatif dengan sumber kurang jelas.

Terkadang di antara kita banyak yang masih bingung membedakan mana sumber yang benar atau salah karena keragaman sumber informasi yang makin banyak. Namun, sebelum kamu share suatu berita yang terkesan provokatif, coba dicek dulu darimana sumbernya, apakah meyakinkan atau tidak. Alangkah baiknya kamu lakukan research kecil-kecilan dulu terkait dengan berita itu.

6. Comment thread orang dengan marah-marah tapi belum baca dan mengerti sepenuhnya. Baru baca judulnya saja.

Saat ini banyak orang yang kadang males baca dan hanya membaca judulnya saja. Sebelum comment, kamu baca dulu dengan baik, setelah dibaca dan kamu masih ingin comment, coba pikir baik-baik dan rangkai kata yang sopan nan berisi. Hal ini jauh lebih menyenangkan.

7. Terlalu sering memamerkan hubunganmu dengan pacar.

Memang sih melihat orang yang pacaran di media sosial itu sudah jadi hal yang biasa dan harus ditoleransi, terutama buat para jomblo (sabar ya mblo). Namun, alangkah baiknya kalau kamu tidak terlalu sering mengumbar-umbar keromantisan.

Bukan karena bikin iri karena keromantisannya, terkadang karena terlalu memamerkan hubungan, secara tak sadar pas sedang bertengkar pun juga harus dipamerkan di media sosial. Hal ini kadang membuat orang risih.

8. Mengejek-ngejek orang yang fisiknya kurang baik.

Walau semua orang tahu bahwa hal ini adalah perbuatan yang tidak baik, namun masih banyak loh yang melakukan hal itu, terutama kepada wanita yang tidak memakai makeup, atau orang yang sangat gendut. Kita harus mengetahui bahwa semua manusia sama di mata Tuhan, jadi jangan sampai fisik menjadi penilaian utamamu untuk mengejek orang ya, apalagi di media sosial.

9. Pamer kekayaan dan barang mewah yang kamu punya.

Selain menjadi ajang komunikasi, media sosial pun terkadang menjadi ajang orang-orang memamerkan kekayaan dan materi yang ia miliki. Mulai dari foto barang-barang mahal, foto makan malam yang sangat berkelas, atau gaya hidupmu yang terkesan mahal. Bila hal ini dilakukan terus menerus, kamu akan dicap sombong seantero Facebook. Jadi jangan terlalu sering ya!

Kamu ingin jadi pengguna media sosial yang cerdas? Pastikan kamu gak melakukan hal di atas ya!

Editor : Nora Listiawati

Penulis : Adrian Boby

Publisher : Nolanda