Tribratanews.kepri.polri.go.id -Apakah anda mengetahui sebuah benda berbentuk segitiga dengan warna merah yang biasanya terletak di laci dashboard atau di kolong kursi anda? Benda ini dapat dilipat menjadi satu bidang di salah satu sisinya. Benda ini adalah segitiga pengaman yang ternyata wajib dipergunakan saat kita mengalami berbagai masalah di jalan.

Segitiga pengaman adalah tanda berbentuk segitiga dengan sisi berwarna merah yang digunakan untuk mengamankan tempat kecelakaan atau mogok. Peraturan lalu-lintas tiap negara mengharuskan kendaraan memiliki segitiga pengaman dan menggunakannya bila kendaraan harus dihentikan di tempat berbahaya.

Segitiga pengaman ini juga berfungsi sebagai sinyal untuk memberitahukan bahwa ada kejadian darurat di depan. Di Indonesia jika mobil dalam keadaan darurat misalnya mogok, pecah ban, atau kecelakaan maka diwajibkan untuk memasang segitiga pengaman ini agar pengemudi di belakangnya bisa berhati-hati.

Mengganti segitiga pengaman dengan benda-benda (misalnya batu bata) yang dibentuk segitiga adalah sangat tidak efektif dalam memberikan tanda darurat pada pengendara lain karena selain bentuknya yang kecil, warna juga tidak terlihat. Gunakan benar-benar segitiga pengaman yang dibeli di bengkel mobil  dan pilihlah yang berkualitas.

Segitiga pengaman mobil biasanya terbuat dari plastik berbentuk segitiga, berwarna merah kombinasi putih (cenderung merah) dengan ukuran sisi-sisinya kurang lebih 30 sampai 40 cm. Segitiga pengaman ini bisa dibeli di bengkel-bengkel mobil/ aksesoris mobil/ sparepart mobil. Harganya cukup murah antara 20 sampai 50 ribu rupiah untuk yang murah.

Pilihlah segitiga pengaman mobil yang cukup bagus sehingga akan memaksimalkan fungsi dari rambu/ tanda darurat ini, kriteria segitiga pengaman yang bagus :

  1. Biasanya memiliki warna yang cukup nyaman dipandang dengan kualitas cat yang bagus (tidak terlalu kontras)
  2. Mampu menyala saat terkena sinar lampu mobil (terutama malam hari), ini sangat penting
  3. Memiliki ukuran yang relatif besar sehingga mudah terlihat
  4. Material yang digunakan cukup baik (dari besi) atau plastik yang kokoh
  5. Saat ini banyak segitiga pengaman yang sudah dilengkapi dengan lampu LED yang menyala di malam hari (tidak membutuhkan sorot lampu dari kendaraan lain untuk menyala), menggunakan segitiga dengan LED sangat baik untuk keselamatan.

Terlepas dari aturan tersebut segitiga pengaman ini juga sangat membantu menjaga keselamatan saat menangani mobil yang mengalami masalah, tanpa segitiga pengaman ini bisa jadi tertabrak kendaraan dari belakang karena kurangnya informasi yang diterima oleh pengendara yang ada di belakang.

Pada dasarnya segitiga pengaman disiapkan oleh pabrikan mobil dalam tiap penjualan unitnya, baik mobil baru maupun bekas biasnya sudah tersedia. Namun ada baiknya sebagai pengemudi yang cermat juga harus melakukan pemeriksaan apakan mobil sudah dilengkapi oleh segitiga pengaman atau belum.

Editor     : Nora Listiawati

Penulis   : Adrian Boby

Publisher : Nolanda