Tribratanews.kepri.polri.go.id –  Mengemudi suatu kendaraan memang membutuhkan suatu keahlian untuk bisa mengendarainya dengan baik. Seperti mengemudikan mobil di jalan Tol. Walaupun sama – sama mengemudi namun di jalan Tol memilki aturan yang berbeda. Sehingga anda harus mengetahui 3 Cara Mengemudi di Jalan Tol Untuk Pemula Yang Paling Dasar terlebih dahulu.

Dengan mengetahui dasar – dasar Cara Mengemudi di Jalan Tol Untuk Pemula,anda bisa mengemudikan kendaraan anda dengan baik dan benar. Memang  jalan Tol terlihat sepi namun kadang salah satu dari aturan yang ada tidak anda lakukan anda bisa mengalami kecelakaan.3 cara mengemudi di jalan tol untuk pemula yang paling dasar:

1.      Menjaga Jarak Aman Dengan kendaraan di depan

Bagi anda yang masih pemula anda bisa menggunakan hitungan detik.  Caranya yaitu anda menghitung kira – kira jarak kendaraan anda dengan yang ada didepan sekitar 3 detik. Atau anda bisa menggunakan patokan lain. Misalnya ada pohon besar disamping jalan tol. Dengan menggunakan pohon anda bisa menunggunya kendaraan di depan melewati pohon tersebut. Apabila sudah melewati satu pohon berarti itulah jarak aman anda dengan kendaran yang ada didepan anda.

 

2.      HIndari Rasa Melamun dan Kantuk Saat Mengemudi

Hal yang bisa anda lakukan untuk mengeatasi rasa kantuk ataupun melamun ada beberapa cara. Yang pertama anda bisa mendengaarkan musik kesukaan anda atau radio untuk menambah informasi. Namun untuk mendengarkan musik ataupun radio ada aturannya sendiri. Yaitu anda tidak diperkenankan mendengarkannya terlalu keras sehinggga bisa mengganggu pendengaran anda. Atau bisa tidak mendengarkan ada yang meng-klakson kendaraan anda. Yang kedua terbilang lebih efektif. Apabila perjalan anda memang sangat jauh dan anda masih pemula anda bisa berhenti dulu di rest are. Rest Area ini dukhusukan untuk anda yang ingin beristirahat maupun tidur. Disini anda bisa tidur untuk melepas rasa kantuk anda.

 

3.      Gunakan jalur lambat Untuk Menjaga Keselamtan

Jalur lambat ini dikhusukan untuk pengemudi pemula. Bagi anda yang masih pemula mengemudikan kendaraan di jalan Tol. UNtuk menjaga keselamtan salah satunya anda bisa menggunakan jaluar lambat. Di jalan Tol tidak selamanya harus cepat. Bagi anda yang masih pemula bisa mencobanya. Dengan menggunakan jalur lambat ini anda bisa mengemudikan kendaran anda dengan kecepatan standar. Yaitu dengan kecepatan mengemudi antara 60 – 80 KM/Jam.

Penulis             : Joni Kasim

Editor              : Nora Listiawati

Publish            : Joni Kasim