Tribratanews.kepri.polri.go.id – Cinta adalah sebuah emosi dari kasih sayang yang kuat dan ketertarikan pribadi. Cinta juga dapat diartikan sebagai suatu perasaan dalam diri seseorang akibat faktor pembentuknya. Dalam konteks filosofi cinta merupakan sifat baik yang mewarisi semua kebaikan, perasaan belas kasih dan kasih sayang. Tanah air merupakan istilah yang digunakan bangsa Indonesia untuk menyebut seluruh bumi Indonesia yang terdiri dari darat dan lautan. Istilah ini didasarkan pada konsep wawasan nusantara yang terbentuk dari kondisi Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar di dunia. Istilah ini membedakan Indonesia dari bangsa lain yang sering memanggil wilayahnya dengan sebutan motherland atau fatherland. Di samping itu, bumi Indonesia juga sering disebut dengan panggilan ‘Ibu Pertiwi’ dan ‘Nusantara’.

Cinta pasti tidak akan terlepas dari rasa kasih dan sayang. Dari rasa kasih dan sayang itulah, timbul keinginan untuk memberikan yang terbaik, serta menjaga, merawat, dan melindungi sesuatu yang kita cinta dari hal-hal yang buruk. Begitu pula dengan cinta tanah air. Globalisasi ini menyebabkan mudahnya kebudayaan serta produk-produk luar negeri masuk ke dalam negara Indonesia. Generasi muda jaman kini lebih suka mengikuti trend dari luar, daripada tetap bersikukuh terhadap budaya negaranya sendiri. Itu bisa dibuktikan dengan bagaimana produk yang ber-merk luar negeri lebih laku di pasaran.

Untuk mengatasi hal tersebut, diperlukan adanya pemupukan rasa cinta tanah air bagi generasi muda melalui perantara pendidikan. Pendidikan ini tidak harus terbatas pada pendidikan formal seperti sekolah, namun perlu mendapatkan edukasi dari orang tua agar anak lebih mampu memahami makna perjuangan negri ini sehingga mampu menumbuhkan rasa cinta dan peduli terhadap tanah air.

Karakter yang baik sendiri meliputi sikap jujur, toleransi, demokratis, semangat kebangsaan, cinta tanah air, bersahabat, cinta damai, peduli lingkungan, dan lain sebagainya. Untuk mencapai karakter yang baik tersebut tidak bisa hanya melalui perkenalan saja, tetapi edukasi-edukasi yang bersifat membangun karakter kepedulian sangat perlu ditanamkan agar generasi muda memahami makna perjuangan dan pengorbanan terhadap tanah airnya.

Selain itu, usaha lain untuk meningkatkan rasa cinta tanah air bagi generasi muda ialah mencari tahu apa saja kebudayaan yang ada di sekitar kita. dengan mencari informasi budaya tersebut melalui penelusuran pada masyarakat sekitar maupun dengan membaca buku literatur. Diksi, karia ilmiah dan lain-lain. Setelah mengetahui apa saja budaya-budaya yang ada, hendaknya kita ikut andil di dalamnya dengan cara mengikuti kegiatan budaya tersebut sehingga tertanam dalam diri kita rasa peduli akan sesama.

Mungkin pada awalnya kita tidak bisa terjun langsung untuk menjadi “pemain”, tetapi kita bisa mengawalinya dengan menjadi penonton terlebih dahulu dan aktifitas menonton ini juga dapat diawali dengan menonton TV, Youtube yang menayangkan kebudayaan-kebudayaan di lingkungan kita dan selanjutnya mengikuti komunitas budaya yang ada. Dengan begitu, lama kelamaan rasa cinta terhadap budaya yang selanjutnya menjadi cinta kepada tanah air akan tumbuh pada diri generasi muda negeri ini.

Editor     : Nora Listiawati

Penulis   : Adrian Boby

Publisher : Alex