Tribratanews.kepri.polri.go.id – Dalam pelaksanaan kebijakan-kebijakan yang dibuat dan diambil oleh Polri untuk mengatasi permasalahan kecelakaan dan fatalitas terjadinya suatu kecelakaan lalu lintas tersebut, Polri melaksanakan program-program sebagai perwujudan implementasi dari tugas, fungsi dan peran Polri dalam melaksanakan kebijakan yang tela diambilnya. Program-program nyata yang dilaksanakan oleh Polri meliputi :

Manajemen Keselamatan, dibagi menjadi:

  1. Program & Rencana Aksi Umum Manajemen & Rekayasa Lalu Lintas Kepolisian.

Dalam program dan Rencana aksi umum manajemen dan rekayasa lalulintas Kepolisian. Poliri menerapkan sistem seperti Menentukan Mekanisme Proses, Pengumpulan dan Pengelolahan Data (Kecelakaan, Pelanggaran, kendaraan bermotor, SIM, Trouble Spots & Black Spots); Melaksanakan Identifikasi Kendaraan bermotor dan Pengemudi; Melaksanakan Kajian (Penyelidikan dan penyidikan Laka Lantas, Trouble Spots dan Black Spots); Pengembangan Sistem Data Base & Manajemen data Kecelakaan Lalu Lintas, Pelanggaran, Ranmor & SIM melalui NTMC, RTMC, TMC, dan IRSMS-2; Menyusun program-program penegakan hukum.

  1. Program & Rencana Aksi Umum Manajemen Operasional Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan Kepolisian.
  1. Penanganan Trouble Spots & Black Spots Kepolisian; dengan Melaksanakan Identifikasi & Mapping pada daerah-daerah rawan kecelakaan dan kemacetan lalu lintas. Menyusun Guidelines Penanganan & Tindakan Kepolisian di dalam ruang Lalu Lintas dan Menyusun Program Penegakkan Hukum.
  2. Penerapan Standar Kelaikan Jalan Ranmor dengan Melaksanakan Identifikasi Kelaikan Jalan Ranmor pada saat registrasi (pendaftaran baru, perubahan, penggantian (modifikasi), perpanjangan & Mutasi) dan Kelaikan Jalan Ranmor di Jalan. Menyusun Transport Security & Safety Guidelines; Menyusun skala prioritas tindakkan (preemptive, preventive & repressive) Laik Jalan kendaraan bermotor.
  3. Penerapan Standar Kelaikan Prasarana, Perlengkapan & Fasiltas Jalan dengan Menyusun Skala Prioritas Program Penanganan Trouble Spots & Black Spot Menyusun Rekomendasi Penanganan Trouble Spots & Black Spots Bagi Instansi Terkait.
  4. Penerapan Standar Kelaikan Pengemudi & Pengguna Jalan Lainnya dengan Melaksanakan Identifikasi Kelaikan Pengemudi & Demerit System; Menyusun Tingkat Perbaikan & Peningkatan Kwalitas Sistem Aplikasi SIM; Menyusun Program DikMas Lantas & Edukasi Tata Cara berlalu lintas; dan Menyusun Skala Prioritas Tindakkan (preemptive, preventive & repressive) Kelaikan Pengemudi & Pengguna jalan lainnya.
  5. Penerapan Standar Kelaikan Lingkungan/Ruang Lalu Lintas; dengan Melaksanakan Identifikasi Kelaikan Lingkungan/Ruang Lalu Lintas; Menyusun Highway Code; Menyusun Rekomendasi Bagi Instansi Terkait; Menyusun Tindakan Penegakkan Hukum Operasional LLAJ Kepolisian.
  6. Pembangunan Pusdalsisinfokom LLAJ Korlantas Polri, Polda & Polres.
  7. Program & Rencana Aksi Umum Road Safety Partnership

Demikian menejemen keselamatan Polri untuk menurunkan dan mencegah tingginya kecelakaan di Indonesia.

 

Penulis   : Firman Edi

Editor     : Joni

Publish  : Nora Listiawati