Tribratanews.kepri.polri.go.id  Pulang kerja adalah waktu yang paling ditunggu-tunggu oleh karyawan. Hal ini dapat diterima, setidaknya setelah pulang kerja, seseorang dapat rebahan di kasur untuk menghilangkan rasa lelah yang dirasakan sambil menunggu mata terpejam.

Memang, tidur yang cukup sangat diperlukan untuk memulihkan tenaga sekaligus menjaga tubuh agar tetap bugar. Namun, itu saja tidaklah cukup. Sebab masih ada kebiasaan lain yang sebenarnya bisa dilakukan untuk menjaga kebugaran tubuh.

1.      Mandi Dua Kali Sehari

Secapek apapun kamu bekerja, jangan pernah lupa mandi, ya! Mandi tidak hanya membuat tubuh bersih, tapi juga memberi efek bugar yang membuatmu kembali bersemangat untuk menjalani sisa hari. Selain itu, mandi merupakan cara ampuh untuk membersihkan kuman dan kotoran yang menempel di tubuh. Alhasil tubuh terhindar dari bibit penyakit yang dapat menggerogoti kekebalan tubuh.

2.      Olahraga yang Teratur

Asumsi olahraga hanya menyiksa tubuh sebaiknya dihilangkan dari mindset, ya! Berolahraga justru baik untuk membuat tubuh lebih bugar karena ada stimulus yang diberikan setiap kali tubuh melakukan pergerakan. Olahraga juga ampuh untuk menjaga bentuk tubuh, jadi pas untuk kamu yang ingin memaksimalkan diet. Seperti yang dilansir dari Ulifeline, olahraga baik pula untuk memperbaiki sekaligus meningkatkan mood. Jadi, cocok untuk kamu yang seringkali menghadapi masalah sebelum pulang kerja. Alhasil, masalah tersebut sama sekali tidak mempengaruhi tingkat emosional dan produktivitas pada keesokan harinya.

3.      Luangkan Waktu untuk Menghirup Udara Segar

Bukan hanya bosan, terlalu lama duduk juga membuat badanmu sakit. Oleh karena itu, luangkan waktumu untuk jalan-jalan ke luar gedung perkantoran guna menghirup udara segar sekaligus meregangkan otot yang sudah tegang. Sehingga, tubuh kembali bugar dan kamu kembali bersemangat untuk melanjutkan pekerjaan. Lakukan di pagi atau sore hari saat matahari tidak terlalu terik untuk menghindari keringat berlebih.

4.      Jaga Pola Makan Sehat

Akibat padatnya rutinitas sehari-hari, banyak orang yang kurang care terhadap pola makan sehingga pola makan menjadi tidak teratur. Selain itu, kandungan gizi dalam makanannya juga tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan gizi dalam tubuh. Jadi, tidak perlu heran apabila banyak karyawan yang jatuh sakit.Padahal makan yang teratur tidak hanya bagus untuk menjaga kesehatan tubuh, tapi juga baik untuk mempertahankan kebugaran tubuh. Ketika tubuh kurang asupan, tubuh gampang lemas dan kamu kurang semangat untuk menjalankan aktivitas.

Pastikan kamu makan 3 kali sehari, yaitu pagi, siang, dan malam. Bagi yang tidak terbiasa sarapan, setidaknya makanlah 2 kali sehari dengan porsi yang cukup agar tubuh tetap bugar.

5.      Minum Air Agar Tubuh Terhidrasi

Minum air putih juga bagus untuk menjaga agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Ketika tubuh kurang air, maka dapat meningkatkan risiko penyakit ginjal. Selain itu, kulit juga tampak kering dan kusam, seperti tidak diberi vitamin.

6.      Jangan Menonton TV Sampai Larut Malam

Bekerja selama 8-9 jam sehari tentu membosankan, jadi wajar kalau kamu sering mencuri-curi waktu untuk menyenangkan diri sendiri. Tapi, bukan dengan cara menonton TV, apalagi sampai larut malam. Selain membuat tubuh bertambah lelah, terlalu lama menonton dapat merusak mata karena radiasi cahayanya kurang bagus. Lebih baik, cari aktivitas lain yang lebih menyenangkan untuk membuat tubuhmu kembali bersemangat. Misalnya memasak, membaca, mendengarkan musik, atau menulis. Geluti hobi selagi punya waktu, apalagi kalau kamu bakal sibuk selama beberapa hari berikutnya.

7. Jauhkan Gadget dari Hadapanmu

Bersantai ria setelah pulang kerja itu wajar, tapi jangan sambil bermain gadget, ya. Bukan tanpa alasan, informasi yang muncul dari gadget sering kali menimbulkan rasa cemas, membuat bebanmu semakin bertambah. Sehingga kamu kehilangan kesempatan untuk mengistirahatkan saraf otak dan otot tubuh.

Akibatnya apa? Tubuhmu menjadi kurang bersemangat saat bangun pagi, karena merasa belum siap untuk menjalani hari berikutnya. Daripada main gadget, lebih baik manfaatkan waktu untuk menjadwalkan aktivitas pada keesokan hari agar kinerja lebih produktif dari hari-hari sebelumnya.

Jangan Terlalu Banyak Berpikir

Selain melakukan kebiasaan-kebiasaan di atas, buang jauh hal-hal yang menambah beban pikiran dan melelahkan tubuh. Alhasil pikiran, jiwa, dan raga senantiasa tenang sepulang kerja. Kamu pun siap memulai hari esok dengan tubuh bugar dan semangat yang baru.

 

 

 

Penulis   : Firman Edi

Editor     : Joni

Publish  : Nora Listiawati

By adminyl