Tribratanews.kepri.polri.go.id – Pasukan Gegana Korps Brigade Mobil Kepolisian Republik Indonesia (Brimob Polri) adalah satuan elite di lingkungan Polri yang dibentuk pada 27 November 1974 silam. Sejarah pembentukan Gegana yang memiliki motto operasional yakni “Setia Tabah Waspada” berawal dari pemikiran tokoh Polri pada tahun 1974.

Dikutip iNews.id dari situs korbrimob.polri.go.id disebutkan, bahwa, saat itu, ada isu teror terhadap Kepolisian Daerah (Polda) Metro Jaya. Untuk mengantisipasi hal itu, maka dibentuk kompi Satuan Gegana Brimob Polri yang dipimpin Mayor Pol Soemardi.
Maka dari itu, Komandan Satuan (Dansat) Brimob Kepolisian Daerah Kepulauan Riau (Polda Kepri), Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol) Mohamad Rendra Salipu, S.I.K, M.Si, mengatakan, pasukan Gegana Korps Brigade Mobil Kepolisian Republik Indonesia (Brimob Polri) harus siap kapanpun khususnya dalam mengantisipasi keamanan terkait bahaya terorisme.

Hal itu disampaikannya saat Satuan Brigade Mobil (Satbrimob) Kepolisian Daerah Kepulauan Riau (Polda Kepri) menggelar syukuran Hari Ulang Tahun (HUT) ke-47 tahun Gegana Korps Brimob Polri di aula Detasemen Gegana Satbrimob Polda Kepri, pada Kamis (2/12/2021). Kegiatan itu dilaksanakan secara terbatas.

Adapun sedikitnya 50 lebih personel yang terdiri dari Pejabat Utama (PJU), Ibu-ibu Bhayangkari dan personel Satbrimob Polda Kepri mengikuti rangkaian acara syukuran HUT ke-47 tahun Gegana Korps Brimob Polri tersebut.

Sementara, pelaksanaan kegiatan itu juga digelar terpusat, secara virtual langsung dari Markas Komando (Mako) Korbrimob Kelapadua, Cimanggis, Depok, Jawa Barat dan diikuti 34 Satuan Nusantara Polri dengan mengangkat tema Profesionalisme Gegana untuk Indonesia Maju.


“Seperti yang dipesankan oleh Bapak Dansat Brimob Polda Kepri, bahwa, dengan disiplin, loyalitas, dan kehormatan, setiap anggota akan mampu menjaga integritas dirinya dalam melayani masyarakat. Ini adalah bentuk motivasi kepada seluruh pasukan Gegana dan merupakan roh daripada seluruh pasukan Brimob yang akan diaplikasikan dalam pelaksanaan tugas sehari-hari,” kata Dansat Brimob Polda Kepri melalui Wakil Kepala (Waka) Subden 1 Detasemen Gegana Satbrimob Polda Kepri, Inspektur Polisi Satu (Iptu) Yudi Kurniadi, saat ditemui sejumlah awak media yang hadir usai kegiatan.

Dalam kesempatan tersebut, pihaknya berharap Brimob Polda Kepri khususnya, semakin gigih dan dipercaya masyarakat.

“Harapannya di ulang tahun ke-47 Gegana Korps Brimob Polri ini, kami (Satbrimob Polda Kepri) semakin gigih lagi dan semakin dipercaya oleh masyarakat khususnya di Batam dan Kepri Umumnya,” ujarnya.

Pantauan di lokasi, usai melaksanakan syukuran secara virtual, dilanjutkan penandatanganan kata-kata motivasi dan pemotongan tumpeng oleh Dansat Brimob Polda Kepri didampingi Ketua Bhayangkari Cabang Satbrimob Polda Kepri, Ny Ucha Salipu, serta sesi ramah tamah.