Tribaratanes.kepri.polri.go.id– Dalam kesempatan tersebut Kabid HAM Kemenkumham Kepri Sukiman, SH, MH mengatakan “Sebagai negara Demokrasi yang memungkinkan setiap orang menyampaikan pendapat nya tentu negara harus mengatur hal itu dan hal tersebut bagian dari Hak Asasi Manusia, tetapi didalam hak tersebut ada kewajiban yang harus ditunaikan oleh para peserta unjuk rasa dan kegiatan hari ini merupakan suatu sejarah baru di Indonesia dalam memperingati hari HAM, Polri mengadakan lomba unjuk rasa dan semoga dengan kegiatan ini kedepannya masyarakat bisa menilai bahwa negara memberikan ruang kepada rakyat nya untuk menyampaikan aspirasinya tetapi tidak melupakan kewajiban-kewajiban nya”.

Berikut nya Ketua DPD FSP LEM SPSI Kepri Saiful Badri Sofyan mengatakan “Kami sangat mengapresiasi kegiatan pada hari ini dan kami bangga dengan adanya kegiatan ini, seharusnya kegiatan seperti ini diadakan dari dulu namun dengan diadakan pada hari ini kami sangat mengapresiasi dan bangga pada jajaran Polri”.

Selanjutnya perwakilan dari peserta lomba dari tim Fiat Justitia Fernando Lumban Gaol mengatakan “Terima Kasih kepada Bapak Kapolri, Polda Kepri yang telah memberikan ruang kepada kami masyarakat dalam mengingat kembali apa itu HAM, artinya negara hadir memberi ruang untuk kami dapat menyampaikan, mengingatkan kembali kepada negara tentang pelanggaran HAM yang belum tertuntaskan, sekali lagi terimakasih yang sebesarnya kepada bapak Kapolri dan Bapak Kapolda Kepri”.

Kepala Perwakilan Ombudsman Kepri Lagat Parroha Patar Siadari mengatakan “Sesuai indikator yang telah ditetapkan oleh panitia, kami akan melakukan penilaian secara objektif dan apa adanya, tentunya harapan kita yang menang nanti itulah yang terbaik,karena ini nanti nya akan memperebutkan piala Kapolri”.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo,MSi mengatakan siapapun yang mengkritik Polri secara keras itu merupakan sahabat Kapolri, Maka rekan-rekan Berorasilah secara keras dan membangun untuk Kebaikan kita bersama itu juga akan menjadi sahabat kita, pemerintah selalu memberikan kebebasan ruang untuk menyampaikan pendapat di muka umum. Bagi rekan-rekan yang akan berangkat ke Jakarta saya berpesan berorasi lah yang kritis dan membangun sehingga pemimpin bisa menilai bahwa hati nurani saudara tergerak untuk memajukan negara kita bersama.- Ujar Irwasda Polda Kepri Kombes Pol Rudi Syafirudin,S.I.K.,M.Si didampingi Kabid Humas Polda Kepri Kombes Pol Harry Goldenhardt S, S.I.K.,M.Si

“Lomba Orasi unjuk Rasa 2021 Piala Kapolri ditutup oleh Irwasda Polda Kepri Kombes Pol Rudi Syafirudin, S.Ik., SH. dan mewakili Dewan Juri Kepala Perwakilan Ombudsman Kepri Lagat Parroha Patar Siadari membacakan hasil penjurian dan memutuskan untuk juara 1 dimenangkan oleh tim Raja Jalanan, juara 2 dimenangkan oleh Fiat Justitia, juara 3 diperoleh tim Pejuang Sejati, juara harapan I tim Sang Orator dan juara harapan II dimenangkan oleh tim Pemuda Demokrasi”. Tutup Kabid Humas Polda Kepri Kombes Pol Harry Goldenhardt S., S.IK., M.Si.