Tribratanews.kepri.polri.go.id-Daya tahan tubuh yang lemah bisa meningkatkan risiko terjadinya infeksi dan penyakit. Oleh karena itu, Anda perlu menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh agar kuat melawan serangan virus dan kuman penyakit lainnya.

Daya tahan tubuh atau sistem imunitas ibarat perisai yang menjaga Anda dari serangan virus dan bakteri penyebab penyakit. Bila daya tahan tubuh kuat, Anda bisa terhindar dari berbagai penyakit infeksi, termasuk COVID-19 yang kini sedang mewabah.

Ada beberapa bahan alami dan mudah ditemukan yang dapat digunakan untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Beberapa bahan alami tersebut di antaranya adalah:

  1. Jahe

Jahe memiliki sifat antioksidan, antiradang, dan antibakteri. Karena kandungan tersebut, jahe diyakini dapat memperkuat daya tahan tubuh dan mencegah infeksi.

Untuk mendapatkan berbagai manfaat jahe tersebut, Anda bisa mengonsumsi jahe yang diolah menjadi teh jahe, bumbu masakan, atau produk herba yang mengandung ekstrak jahe.

  1. Royal jelly

Sejumlah penelitian menyatakan bahwa asam amino, asam lemak, dan senyawa fenolik yang ada di dalam royal jelly ampuh untuk mencegah kerusakan sel-sel tubuh akibat radikal bebas. Royal jelly juga diketahui memiliki sifat antioksidan yang dapat memperkuat daya tahan tubuh, sehingga bisa dijadikan sebagai asupan nutrisi yang menyehatkan.

  1. Ginseng

Gingseng mengandung senyawa aktif ginsenoside yang memiliki segudang khasiat bagi kesehatan, mulai dari menjaga daya tahan tubuh, mengatasi rasa lelah, hingga menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung dan kanker.

  1. Daun meniran

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa daun meniran banyak mengandung zat antioksidan dan antiradang. Penelitian-penelitian tersebut juga menunjukkan bahwa tanaman herbal satu ini juga dapat memperkuat daya tahan tubuh, mengurangi peradangan, mencegah pertumbuhan sel tumor, serta memelihara kesehatan hati.

Selain keempat bahan alami di atas, bahan alami lain yang bisa Anda konsumsi untuk memperkuat daya tahan tubuh Anda adalah bawang putih, madu, teh hijau, dan kunyit.

 

Editor     : Nora Listiawati

Penulis   : Adrian Boby

Publiser : Alex