Tribratanews.kepri.polri.go.id-Ketika COVID-19 melanda, banyak orang yang mulai mencari masker, bahkan nggak sedikit yang dengan sengaja menyetok masker secara berlebihan. Tujuannya pun beragam, mulai dari dijual lagi dengan harga tinggi hingga disimpan demi tujuan pribadi.

Saat ini, ada beberapa jenis masker yang bisa kamu gunakan, dua di antaranya adalah masker bedah dan masker kain Pastikan untuk terus menggunakan masker ketika kamu pergi keluar rumah selama pandemi ini, ya, gays!

Pandemi COVID-19 disebabkan oleh virus corona yang dapat dengan mudah tersebar dan menginfeksi manusia. Dilansir dari WHO, virus corona tersebar melalui droplets air liur yang keluar dari tubuh saat bersin, batuk, atau pilek. Beberapa gejala utama dari orang yang terinfeksi virus ini antara lain demam, hidung tersumbat, batuk kering, hingga kesulitan untuk bernafas.

Karena dapat dengan mudah menular dari droplets air liur saat bersin atau batuk, maka penting buat kamu untuk mengenakan masker ketika bepergian. Baik saat kamu merasa sakit atau sehat, penggunaan masker dan penerapan social distancing akan sangat berpengaruh bagi kesehatan kamu sekaligus orang-orang di sekitar kamu.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, manfaat utama dari pemakaian masker saat berada di luar rumah adalah untuk mengurangi risiko penyebaran. Droplets yang keluar dari tubuh kamu nggak akan menyebar luas saat kamu memakai masker. Hal yang sama juga berlaku bagi orang lain. Saat kamu memakai masker, secara nggak langsung kamu juga melindungi area wajah dari paparan virus.

Kenapa kamu tetap harus pakai masker meski kamu merasa sehat-sehat saja? Hal ini karena ditemukan beberapa kasus di mana orang yang terinfeksi virus corona tidak mengalami gejala apapun, dikenal sebagai asimtomatik. Ketika kamu memutuskan untuk nggak memakai masker saat bepergian, kamu sudah membahayakan diri lo sendiri serta banyak orang.

Mari lindungi diri kita, keluarga dan orang disekitar kita.

enulis     : Adrian Boby

Editor      : Nora Listiawati

Publisher : Alex