Tribratanews.kepri.polri.go.id-Hampir semua orang yang memiliki akses internet pasti  memiliki akun sosial media. Selain untuk bersosialisasi dengan pengguna sosial media lainnya, beberapa pengguna sosial media juga memiliki tujuan lain seperti berjualan atau melakukan kampanye suatu kegiatan secara online.

TAPI walaupun jumlah pengguna sosial media di Indonesia sudah sangat banyak, ternyata tidak semuanya bisa bertindak dan bersikap dengan benar saat menggunakan akun sosial media mereka. Banyak orang yang belum menyadari bahwa ada “aturan-aturan tidak tertulis” yang harus diperhatikan saat menggunakan sosial media.

Apakah aturan-aturan tidak tertulis itu? mari kita simak penjelasan kelima aturan tersebut di bawah ini.

  1. Konfirmasi terlebih dahulu segala informasi sebelum membagikannya

Dari hari ke hari, infromasi hoax yang tersebar di dunia maya semakin menjadi-jadi. Hoax ini sangat berbahaya karena ini adalah informasi yang tidak akurat (bahkan ada yang 100% palsu), yang disebarkan tanpa adanya bukti kebenaran informasi yang bisa dipertanggungjawabkan.

Jika kamu sering membagikan berita hoax atau informasi sesat lainnya, hal itu akan membuat kamu terlihat bodoh kurang cerdas di mata teman dan followers kamu, karena itulah selalu perhatikan dengan baik segala informasi sebelum kamu sebarkan.  Walaupun itu adalah hal yang ada di dunia maya, wibawa kamu tetap harus dijaga (jangan bikin malu).

  1. Bedakan antara kritik dan menghina

Berdebat dan mengkritisi sesuatu itu boleh bahkan bagus, karena itu menandakan ara kita adalah negara demokratis yang mendukung kebebasan berpendapat. TAPI, kamu harus ingat bahwa ada perbedaan yang besar antara kritikan dan hinaan.

Mau tahu salah satu bedanya? kritik akan membantu kamu menemukan jalan tengah dari suatu persoalan. Sedangkan hinaan akan membantu kamu menemukan jalan ke sel tahanan karena menghina pribadi / kelompok adalah tindakan yang melanggar hukum.  Jika kamu memang tidak menyetujui sesuatu, lakukanlah dengan cara yang tepat dan beradab.

Kamu tidak mau menjadi contoh buruk dari kalimat “mulutmu harimaumu”, kan?

  1. Jangan berbagi konten secara berlebihan ( nyampah / spam)

Walaupun salah satu fungsi sosial media adalah sebagai sarana untuk berbagai informasi, membagikan informasi terlalu sering bukanlah sebuah tindakan yang baik karena kamu akan menggangu orang lain dalam menggunakan sosial media. Hal ini akan semakin buruk jika yang kamu sebar adalah sesuatu yang teman atau followers kamu tidak sukai seperti berita hoax dan hal-hal tidak bermanfaat lainnya.

Editor      : Nora Listiawati

Penulis    : Adrian Boby

Publisher : Adrian Boby