Tribratanews.kepri.polri.go.id-Kasus virus corona setiap hari terus mengalami lonjakan dan terus merenggut banyak korban. Kini masyarakat juga kembali dihebohkan dengan kemunculan Virus Corona Varian Delta. Varian Delta pertama kali diidentifikasi muncul di daerah India, dan sifatnya sangat mudah menular dan lebih berbahaya.

Virus corona varian Delta yang sudah menyebar di Indonesia lebih ganas dari varian biasa pada umumnya. Organisasi Kesehatan Dunia memberi peringatan bahwa dunia kini berada dalam periode yang sangat berbahaya akibat virus Corona varian baru yaitu varian Delta. Varian B.1617.2 ini pertama kali ditemukan di India dan telah terdeteksi setidaknya 98 negara.

Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanahom Ghebreyesus mengatakan bahwa varian tersebut lebih berbahaya karena terus bermutasi dan berevolusi. Varian ini juga menyebar dengan sangat cepat di negara yang cakupan vaksinasinya rendah.

Varian Delta juga melonjak di negara-negara Asia seperti  Australia hingga Malaysia, termasuk Indonesia yang melaporkan lonjakan infeksi. Hal tersebut membuat pemerintah terus mendorong untuk mengurangi mobilitas masyarakat dan juga mempercepat program vaksinasi.

Virus corona varian Delta atau B.1.617.2 ini lebih cepat menular dan memicu pasien yang terinfeksi mengalami gejala yang parah. Kepala petugas Kesehatan Queensland, Dr Jeannette Young mengatakan, varian Delta diindikasi dapat menular melalui kontak dengan durasi yang sangat cepat sekitar 5-10 detik saja.

Gejala infeksi varian Delta secara umum: Gejala yang dirasakan pasien saat terjangkit varian Delta ini memiliki kemiripan dengan gejala virus corona pada umumnya. Namun, gejala yang dialami pasien varian Delta lebih parah dan sangat sulit untuk ditangani tim medis.

Risiko yang ditimbulkan dari varian delta tampaknya lebih mengerikan dari virus corona pada umumnya. Varian Delta menyumbang sekitar 25 persen kasus, meningkat setiap harinya di Kansas.

Jangan lengah dan tingkatkan kewaspadaaan. Saat ini, virus Covid-19 varian Delta semakin menyebar di Indonesia.  Virus corona varian Delta atau B.1.617.2 (penamaan dari WHO) kini menjadi varian yang dominan dan menarik perhatian dunia. Varian ini memiliki kemampuan lebih menular dan memicu pasien yang terinfeksi mengalami gejala yang parah.

 

Tetap patuhi protokol kesehetan, dan selalu jaga kesehatan anda dan keluarga anda.

Editor     : Nora Listiawati

Penulis   : Firman Edi

Publisher : Firman Edi