Tribratanews.kepri.polri.go.id – Kapolresta Barelang laksanakan Peninjauan Kampung Tangguh Barelang Yang bertempat di Kampung Tangguh Perum. Taman Jaya Asri, Kel. Buliang Kec. Batu Aji. Sabtu (13/02/2021).

Kegiatan yang di hadiri oleh *Kapolresta Barelang Kombes Pol Yos Guntur SIK* yang di Dampingi *Wakapolresta Barelang AKBP Junoto, SIK*, *Dandim 0316/Batam yaitu Letkol Kav Sigit Dharma Wiryawan*, *Sekda Kota Batam Jefridin Hamid* Serta PJU Polresta Barelang dan Rombongan melaksanakan Launching Kampung Tangguh Ke- 13 di Kampung Tangguh Perum. Taman Jaya Asri, Kel. Buliang Kec. Batu Aji.

*Kapolresta Barelang Kombes Pol Yos Guntur, SIK* mengatakan Diketahui untuk saat ini Kota Batam masih terdapat 2 zona merah. Alhamdulillah Untuk Perumahan Taman Jaya Asri ini sudah dalam tahap Zona kuning. Saya harap akan terus menjadi Zona Hijau.

Kegiatan ini akan terus di lakukan dan di canangkan dengan bersinergi dengan pemerintah Kota Batam, TNI-POLRI dalam Penanggulangan Covid-19.

Terdapat 5 Kriteria Kampung Tangguh Barelang dalam hadapi pandemi Covid-19 sesuai dengan STR NO : ST/11/II/KEP./2021 Bag Ops Polresta Barelang yaitu Tangguh Kesehatan, Tangguh Ekonomi Sosial/Ketahanan Pangan, Tangguh Pendidikan, Tangguh Keamanan, Tangguh Informasi/Bencana.

Kapolresta Barelang Memberikan Apresiasi Dimana Kampung Tangguh Perum. Taman Jaya Asri sudah memenuhi 5 Kriteria Tersebut.

Yaitu yang pertama Tangguh Kesehatan dengan Memiliki fasilitas Adanya pengecekan suhu bagi warga yg masuk oleh petugas satpam, Adanya Keranisasi/tempat cuci tangan dilengkapi sabun pada seluruh rumah warga, Adanya Posko Kesehatan berikut perangkatnya, Adanya rumah karantina yg ditunjuk.

Yang kedua Tangguh Ekonomi Sosial/Ketahanan dengan adanya Ekonomi usaha kerajinan Membatik serta  Adanya Ekonomi Pangan dengan Adanya budidaya sayur sayuran dan toga.

Ketiga Tangguh Pendidikan dengan Adanya taman baca di area fasum dan Taman Kanak-kanak yang saat ini masih tutup.

Yang keempat Tangguh Keamanan Adanya Pos Keamanan Terpadu Pelabuhan dengan sistem pengamanan yang sudah berjalan antara TNI-Polri dan Inkait dan Adanya Panel Jadwal Piket.

Dan yang terakhir Tangguh Informasi/Bencana dengan Memiliki fasilitas Adanya Posko Tanggap Darurat Bencana Dan Adanya panel data perkembangan covid-19 di Perumahan Jaya Asri RT 1/RW 15 Kel. Buliang Kec Batu Aji.

Dari kegiatan program Kampung Tangguh ini Terlaksananya Program Pemerintah melalui Program Prioritas Kapolri berbasis penanggulangan Covid-19 pada level mikro di Perumahan Taman Jaya Asri ini dapat Meringankan beban ekonomi masyarakat pada masa pandemi Covid-19 dan Memulihkan Kesehatan & Membangkitkan Ekonomi masyarakat, ungkap Kapolresta Barelang Melalui Kasubbag Humas