Tribratanews.kepri.polri.go.id-Manfaat cuci tangan ternyata ampuh mencegah aneka penyakit ringan maupun serius, antara lain:

Iritasi mata, infeksi, dan trakoma

Salah satu penyebab terbesar gangguan kesehatan mata adalah tangan yang kotor. Ketika mata terasa kurang nyaman atau gatal, hampir semua orang akan menggunakan tangan untuk mengusap atau menggaruknya. Padahal belum tentu tangan Anda sudah higienis setelah beraktivitas. Kebiasaan ini akan memperparah penyakit mata. Bahkan penyakit mata berbahaya seperti trakoma juga terjadi karena mata terinfeksi bakteri atau virus ganas. Anda harus memastikan bahwa tangan Anda benar-benar sudah bersih sebelum menyentuh mata.

Diare dan Cacingan

Bukan hanya kandungan makanan yang bisa mengakibatkan timbulnya penyakit diare. Menyantap makanan dengan tangan yang kotor juga merupakan pemicunya. Bakteri dan virus yang menempel pada tangan akan langsung masuk ke tubuh bila Anda makan dengan tangan yang kotor. Diare masih menjadi satu dari lima penyebab utama kematian anak-anak di dunia. Itulah sebabnya kebiasaan mencuci tangan wajib diajarkan sedini mungkin.

Selain diare, tangan yang kotor juga rentan menyebabkan cacingan. Telur-telur cacing yang menempel pada tangan bisa masuk ke tubuh dan berkembang biak. Akibatnya, tubuh akan kekurangan nutrisi karena cacing-cacing parasit terus tumbuh dan berkembang biak di dalamnya. Jika tidak mendapat perawatan intensif, cacingan bisa berakibat fatal bagi kesehatan tubuh.

Gangguan Sistem Pernapasan

Anda dapat meminimalkan risiko gangguan sistem pernapasan dengan cara mencuci tangan. Bakteri patogen yang memicu penyakit pernapasan sering menempel pada tangan kotor. Jadi, cucilah tangan Anda dengan benar setiap kali selesai beraktivitas. Sehingga tak ada bakteri yang masuk ke tubuh Anda. Manfaat cuci tangan akan membuat sistem pernapasan Anda selalu sehat. Anda tak akan mengalami gangguan pernapasan ringan atau berat seperti batuk, dahak berlebihan, tenggorokan gatal, atau sesak napas.

Ulasan tentang manfaat cuci tangan kali ini pasti membuat Anda lebih disiplin menjaga kesehatan. Tak perlu melakukan hal-hal rumit untuk menjaga kebersihan diri. Mulailah dari hal sederhana yaitu cuci tangan pakai sabun. Jangan lupa pula untuk menyebarkan kebiasaan ini kepada anggota keluarga dan orang-orang terdekat lainnya.

Demikian, semoga bermanfaat.

Editor               : Nora

Publisher         : Juliadi

Penulis             : Joni