Tribratanews.kepri.polri.go.id-Mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun adalah cara sederhana yang bisa dilakukan untuk mencegah tertular dan menularkan penyakit. Berikut ini sejumlah manfaat yang bisa diraih dari aktivitas mencuci tangan selama 20 detik:

  1. Mencegah risiko tertular flu, demam dan penyakit menlar lainnya sampai 50 pesen
  2. Mencegah tertular penyakit serius seperti hepatiris A, meningitis, dan lain-lain
  3. Menurunkan risiko terkena diare dan penyakit pencernaan lainnya sampai 59 persen
  4. Jika mencuci tangan sudah menjadi kebiasaan yang tidak bisa ditinggalkan, sejuta kematian bisa dicegah setiap tahunnya
  5. Dapat menghemat uang karena anggota keluarga menjadi jarang sakit

Meski mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun merupakan langkah terbaik, tapi hand sanitizer bisa juga dipakai untuk mendapatkan hasil tangan yang bersih. Hanya memang, dari segi efektivitasnya, hand sanitizer tidak mampu membunuh semua kuman.

Salah satu perilaku atau kebiasaan yang berhubungan erat dengan kejadian diare pada anak-anak, yaitu mencuci tangan dengan sabun sebelum menyuapi mereka. Mencuci tangan mudah dilakukan dan merupakan salah satu cara yang paling efektif untuk mencegah penyebaran berbagai jenis infeksi, baik di rumah maupun tempat kerja. Tangan yang bersih dapat menghentikan kuman menyebar dari satu orang ke orang lain, termasuk ke semua komunitas.

Cara mencuci tangan dengan benar Untuk mendapatkan manfaat cuci tangan, Anda tentu perlu mengikuti langkah cuci tangan yang benar.

Berikut ini langkah-langkah mencuci tangan dengan benar :

  • Mulailah membasuh tangan dengan air bersih yang mengalir, lalu gunakan sabun cuci tangan ke telapak tangan Anda secukupnya. Rekatkan antara tangan kanan dan tangan kiri Anda.
  • Setelah itu posisikan telapak tangan kanan Anda di atas punggung tangan kiri dan sebaliknya. Biasanya bagian ini sering luput dari perhatian karena mayoritas orang hanya mencuci telapak tangan.
  • Telapak dengan telapak dan sela-sela jari juga harus dibersihkan dengan sabun. Usapkan sabun pada seluruh sela-sela jari hingga berbusa. Bagian jari yang satu ini kerap menjadi tempat bersarangnya kotoran dan bakteri usai beraktivitas.
  • Letakkan punggung jari pada telapak satunya dengan jari saling mengunci, agar lebih merata ke seluruh bagian tangan.
  • Jempol kanan digosok memutar oleh telapak kiri dan sebaliknya.
  • Jari kiri menguncup, gosok memutar ke kanan dan ke kiri pada telapak tangan dan sebaliknya.

Demikian, semoga bermanfaat.

Editor               : Nora

Publisher         : Juliadi

Penulis             : Joni