Tribratanews.kepri.polri.go.id- Tidak semua Polisi bertugas dengan mengenakan seragam. Ada banyak juga polisi yang tidak berseragam ketika sedang bertugas. Polisi yang tidak berseragam ada dua, yaitu Polisi Intelijen dan Polisi Reserse. Mereka tak ubahnya mata dan telinga kepolisian. Tapi keduanya memiliki tugas yang berbeda. Polisi Reserse biasanya melakukan penyamaran untuk menyelidiki atau membongkar suatu kasus. Isa bekerja diam-diam, mencari barang bukti atau memeriksa orang-orang yang dianggap mengetahui suatu kasus.

Sedangkan polisi intelijen menyamar untuk menyelidiki, mengetahui, mengamankan, atau menanggulangi suatu keadaan. Bisa dibilang, polisi intelijen adalah pencegah kejahatan. Maksudnya, sebelum kejahatan terjadi, polisi intelijen sudah berhasil mencegah atau menggagalkannya.

Melakukan penyamaran merupakan salah satu tugas polisi intelijen. Berbeda dengan polisi pada umumnya, polisi intelijen tidak mengenakan seragam ketika bertugas. Jika melihat dari penampilannya kita akan sulit menyangka bahwa ia adalah polisi.

Itu sebabnya polisi intelijen juga disebut sebagai mata dan teliga kepolisian. Mereka melihat dan mendengar apa pun yang terjadi di masyarakat.

Saat mereka mendengar atau melihat hal yang mencurikagan, mereka akan melaporkan hal tersebut ke rekan-rekannya untuk kemudian bersiap-siap mengambil tindakan.

Berkat polisi intelijen ada banyak kejahtan yang lebih dulu terungkap sebelum kejahatan tersebut berhasil dilaksanakan.

 

Editor : Joni kasim

Publish : Nora

Penulis : Firman