Tribratanews.kepri.polri.go.id – Korps Brigade Mobil Kepolisian Republik Indonesia atau sering disingkat Korps Brimob Polri adalah kesatuan operasi khusus yanbersifat paramiliter milik Polri. Korps Brimob juga dikenal sebagai salah satu unit tertua yang ada di dalam organisasi Polri. Sepanjang sejarahnya, brimob selalu ikut dalam lembaran sejarah perjuangan bangsa Indonesia, baik dalam merebut kemerdekaan, mempertahankan kemerdekaan, dan mengisi pembangunan nasional.

Korps brimob polri dibentuk khusus untuk menghadapi pelanggar hukum dan kejahatan yang mengganggu masyarakat secara cepat terutama yang menggunakan senjata api dan bom.

Ini lah yang membedakan tugas korps Brimob dengan tugas Polisi pada umumnya.

Sebagai pasukan elit Polri, Korps Brimob memiliki keahlian khusus dalam penanggulangan huru hara (PHH), Search dan rescue (SAR), perlawanan teror, dan perang di kota maupun perang di hutan, bahkan perang gerilya. Korps brimob juga diandalkan dalam penjinakan bom dan memiliki kemampuan di bidang penanganan kimia, biologi, dan radioaktif (KBR)

 

Secara umum, personel korps Brimob memiliki dua kemampuan, yaiutu kemampuan pelopor dan kemampuan Gegana. Untuk memburu para penjahat berbahaya yang bersembunyi di hutan atau pegunungan, maka akan dikerahkan pasukan yang berkemampuan pelopor.

Sementara untuk para penjahat berbahaya yang menggunakan senjata dan bom, maka dikerahkan pasukan yang berkemampuan gegana.

Dengan motto ‘’jiwa ragaku demi kemanusiaan’’, korps brimob selalu memberikan pengabdian dan pelayanan terbaik kepada Bangsa dan Negara serta memastikan Negara selalu hadir di tengah masyarakat dalam memberikan rasa aman dan nyaman.

 

Editor : Joni kasim

Publish : Nora

Penulis : Firman