Tribratanews.kepri.polri.go.id-Kegiatan jual beli secara online memberikan kemudahan khususnya bagi masyarakat urban, karena cukup menggunakan laptop atau smartphone, kita bisa membeli barang yang diinginkan. Saat ini sangat banyak toko online yang tersedia di internet yang bisa kamu manfaatkan untuk membeli maupun menjual barang kamu. Meskipun demikian banyak oknum tidak bertanggung jawab yang memanfaatkan kemudahan tersebut untuk melakukan tindakan penipuan. Untuk itu kamu perlu mengetahui cara terhindar dari penipuan online apabila hendak menggunakan layanan toko online. Berikut 5 tips cara menghindari penipuan online yang bisa kamu terpakan.

1.    Perhatikan Harga

Tips cara menghindari penipuan online yang pertama adalah dengan memperhatikan harga barang yang dijual. Jangan mudah tergiur dengan harga murah yang dibanderol oleh pembeli. Selalu waspada apabila harga yang ditawarkan terlampau sangat murah dibanding harga pada umumnya, bisa jadi itu termasuk modus penipuan.

2.    Pastikan Foto Barang Yang dibeli Adalah Asli

Banyak trik yang dilakukan oleh beberapa oknum untuk menipu korbannya, salah satunya dengan memasang foto palsu. Untuk itu sebelum terjadi kesepakatan dengan penjual, sebaiknya minta dikirim foto terbaru dari barang yang akan dibeli. Agar lebih meyakinkan, mintalah foto lebih dari satu untuk memastikan bahwa barang tersebut benar benar ada di tangan penjual tersebut.

3.    Lebih Baik COD (Cash On Delivery)

Tips aman ketika melakukan pembelian secara online adalah dengan melakukan COD. Cara ini sangat efektif untuk meminimalisir terjadinya penipuan. Dengan COD kamu bisa mengecek langsung kondisi barang sebelum melakukan pembayaran.  Namun jika kondisi tidak memungkinkan dilakukan COD, kamu bisa menggunakan cara lain seperti memakai jasa pihak ketiga.

4.    Memanfaatkan Jasa Pihak Ketiga

Mengunakan jasa pihak ketiga sangat direkomendasikan apabila tidak memungkinkan terjadinya COD. Jasa pihak ketiga ini merupakan jasa rekening bersama atau biasa disebut Rekber. Rekber digunakan oleh penjual dan pembeli untuk menghindari terjadinya penipuan.

5.        Menyimpan Nomor Resi

Nomor resi merupakan nomor bukti pengiriman yang diberikan oleh jasa pengiriman barang. Nomor resi bisa digunakan untuk mengecek proses pengiriman barang yang dikirim oleh penjual.  Apabila penjual tidak memberikan nomor resi maka kamu layak mencurigainya.

Demikian informasi mengenai 5 tips cara terhindar dari penipuan online yang bisa diterapkan. modus penipuan dan tindakan kejahatan online saat ini cukup besar, untuk itu selalu waspada dan teliti agar tidak menjadi korban.

Editor       : Nora

Publisher : Firman

Penulis     : Firman