Tribratanews.kepri.polri.go.id-Karena kelangkaan masker bedah dan masker respirator N95 yang ideal untuk mencegah infeksi virus Corona, kini banyak yang menggunakan masker kain sebagai upaya untuk melindungi diri dari virus Corona. Namun, bagaimanakah cara pemakaian masker kain yang ideal untuk mencegah infeksi virus Corona?

Virus Corona dapat menular melalui percikan dahak atau air liur saat penderita COVID-19 batuk atau bersin. Untuk mengurangi risiko penularan virus, orang yang sedang batuk atau bersin disarankan memakai masker guna menahan percikan cairan tubuh tersebut.

Tak sedikit orang yang menggunakan masker bedah di tengah wabah virus Corona. Namun, di tengah pandemik COVID-19 ini, masker bedah menjadi barang yang langka dan mahal. Tak hanya masyarakat, para dokter, perawat, dan seluruh petugas medis yang menangani pasien pun kini mulai kesulitan mendapatkan masker.

Oleh karena itu, banyak yang terpaksa mencari alternatif masker lain, yaitu dengan masker kain. Namun, apakah masker kain efektif mencegah penyebaran virus Corona?

Cara Menggunakan Masker Kain agar Lebih Efektif Mencegah Virus Corona

Walau disebut kurang efektif dibandingkan jenis masker lain, bukan berarti masker kain tidak layak digunakan sama sekali. Karena keterbatasan jumlah masker yang ideal untuk mencegah virus Corona, masker kain pun bisa dijadikan pilihan terakhir untuk melindungi Anda dari paparan virus Corona.

Hal ini dianggap lebih baik daripada tidak mengenakan masker sama sekali ketika Anda batuk dan bersin atau ketika Anda berdekatan dengan orang lain yang mungkin sudah terinfeksi virus Corona.

Agar masker kain tetap aman dan efektif digunakan, coba ikuti beberapa tips berikut ini:

Pilih masker yang sesuai dengan ukuran wajah dan dapat menutup mulut, hidung, dan dagu Anda.

Cuci tangan sebelum mengenakan masker, lalu kenakan masker pada wajah dan selipkan talinya di belakang telinga atau ikat tali masker di belakang kepala dengan erat agar masker tidak longgar.

Saat masker kain digunakan, hindari menyentuh masker. Jika ingin memperbaiki posisi masker yang berubah atau longgar, cuci tangan terlebih dahulu sebelum menyentuh masker kain yang sedang digunakan.

Setelah selesai digunakan, lepaskan masker dengan cara membuka tali pengikat masker di belakang kepala lalu cuci masker kain dengan air panas dan detergen.

Segera ganti masker kain apabila sudah robek atau rusak.

Editor               : Nora

Publisher         : Rosmini

Penulis             : Firman