Tribratanews.kepri.polri.go.id-Berprofesi sebagai karyawan baik di BUMN ataupun swasta menjadi pilihan bagi sebagian orang. Ketika masuk dalam lingkup dunia pekerjaan banyak hal baru yang ditemukan oleh karyawan. Relasi antar karyawan pun menjadi hal yang harus diperhatikan demi terciptanya lingkungan pekerjaan yang nyaman. Para karyawan membutuhkan lingkungan kerja yang nyaman dan tentu saja perusahaan juga punya tuntutan bagi karyawan. Karyawan diharapkan mampu memiliki tanggung jawab yang baik bagi perusahaan.Berikut 5 tanda karyawan yang bertanggung jawab.

  1. Datang Ke Kantor Tepat Waktu.

Cara ini harus kamu lakukan secara konsisten setiap hari dan pastikan kamu datang sebelum atasanmu. Secara tidak langsung atasanmu akan menilai bahwa setidaknya kamu punya tanggung jawab dalam hal sederhana.

  1. Punya Inisiatif.

Karyawan yang baik bukan hanya karyawan yang bisa menyelesaikan pekerjaanya, tapi juga bisa memberikan masukan untuk membantu pekerjaannya agar efektif Jangan pernah merasa nyaman dengan melakukan pekerjaan yang itu-itu saja dilakukan setiap hari, karena itu tidak akan meningkatkan kemampuanmu. Pastikan ada inovasi sederhana yang bisa kamu berikan bagi atasan dan perusahaanmu.

  1. Jujur.

Karyawan idaman pasti akan menjaga integritasnya dalam melakukan pekerjaan. Jika melakukan kesalahan tidak disembunyikan melainkan diselesaikan dengan rasa tanggung jawab. Jangan ragu untuk berdiskusi dengan atasanmu jika melakukan kesalahan. Jadikan sifat jujur sebagai salah satu kebiasaan baikmu selama bekerja.

  1. Konsisten.

Melakukan hal yang baik dan benar secara terus menerus merupakan ukuran bagi konsistensi dari seorang karyawan. Hasil dari pekerjaanmu tidak dipengaruhi oleh masalah pribadi yang mengganggu fokus dalam pekerjaan. Sifat profesionalmu yang bisa konsisten bisa menjadikanmu sebagai karyawan yang disenangi oleh atasan. Jangan lupa juga untuk konsisten upgrade kemampuan yang kamu punya.

  1. Bisa Bekerja Dalam Tim.

Karyawan yang baik tidak akan menyimpan kemampuannya hanya pada dirinya sendiri. Seorang karyawan harus memiliki pemikiran terbuka untuk dapat membagikan apa yang telah didapatkan bagi tim yang bekerja dengannya sesuai dengan kebutuhan timnya. Keuntungannya adalah karyawan tersebut secara tidak langsung sudah berlatih untuk menjadi leader untuk jenjang karir selanjutnya.

Penulis : Joni
Editor   : Nora
Publish : Juliadi