Tribratanews.kepri.polri.go.id-Bersyukur adalah sebuah perbuatan yang patut untuk kita lakuklan, karena di dalam rasa bersyukur kita menghargai dan menghormati kebesaran tuhan yang sudah diberikan pada masing – masing kita semua. Bersyukur tidak mudah untuk dilakukan, karena penilaian ynag bisa diberika bukan dari perbuatan dan perkataan kita saja, tetapi tuhan bisa melihat dalam hati kita yang sesungguhnya, segala cobaan hidup yang terus mengguncang keadaan kita, membuat kita tidak bisa memberikan rasa syukur yang sepenuhnya.

berikut salah satu cara agar kita selalu bersyukur:
1. Melihat Ke Bawah Untuk Urusan Duniawi.

Dengan melihat kebawah, kita akan mengetahui bahwa kita lebih jauh lebih beruntung dan jauh lebih kaya dibandingkan jutaan manusia di muka bumi ini. Banyak saudara kita yang tidak dapat makan, tidak memiliki tempat tinggal, menderita penyakit parah, hidup di daerah konflik, atau mengalami musibah bencana alam. Di bandingkan dengan mereka, bukanlah apa yang ada pada diri kita jauh lebih baik. Jadi, tidak ada alasan bagi kita untuk tidak bersyukur.

  1. Selalu Mengingat Nikmat Yang Kita Terima dari Allah.
    Kita mungkin tidak dapat menghitung berapa nikmat yang telah kita terima dari allah Swt, saking banyaknya nikmat tersebut. Namun, selalu mengingat sebagian nikmat tersebut akan membawa kita pada rasa syukur.

    3. Selalu Mengucapkan Alhamdullilah.
    Ucapan Alhamdullilah yang kita ucapkan setiap kali mendapatkan karunia dari allah akan meningkatkan kita betapa Allah adalah Maha Pengasih dan Penyayang, yang selalu memberikan yang terbaik bagi manusia. Ucapan ini akan menggingatkan kita agar tidak lupa bersyukur.

    4. Membiasakan Diri Untuk Mengucapkan Terima kasih.
    Ucapan terima kasih yang kita ucapkan setiap kali menerima kebaikan dari orang lain akan membiasakan kita untuk senantiasa bersyukur atas hal baik yang kita terima.

    5. Berhenti Mengeluh.
    ketika menghadapi kenyataan yang tidak sesuai harapan, kita kerap kali tergoda untuk mengeluh, mulailah mengubah kebiasaan ini, lebih baik berhenti mengeluh dan segera produktif berkarya sehingga hasil yang baik akan kita dapat dan kita pun akan lebih muda bagi kita untuk bersyukur.

Tidak ada hidup sempurna, Selalu bersyukur memang terkadang tidak membuat bagian hidup kita otomatis sempurna, tetap akan membuat hidup kita senantiasa selalu bahagia.

Penulis        : Joni

Editor          : Nora

Publisher    : Juliadi