Tribaratanews.kepri.polri.go.id-Dalam berkendara kita tentu harus memperhatikan beberapa hal dan salah satu adalah kelengkapan berkendara. Ini sangat penting di mana kelengkapan berkendara tersebut akan membantu keselamatan anda dalam melakukan perjalanan. Di beberapa negara jelas memiliki hukum yang mengatur tentang kelengkapan berkendara. Untuk itu jika anda ingin menjadi warga negara yang baik hendaklah patuh dengan hukum yang berlaku. Karena jika anda melanggar akan ada sanksi yang diberikan oleh pihak yang berwenang. Berikut beberapa kelengkapan berkendara bagi pengemudi kendaraan roda empat atau lebih.

1.      SIM Dan STNK

SIM dan STNK merupakan kelengkapan berkendara bagi pengemudi kendaraan roda empat atau lebih yang wajib dibawa setiap pengemudi. Kedua surat ini berguna sebagai identitas pengemudi dan kendaraan yang dibawa. Selain itu SIM dan STNK juga berguna jika terjadi kecelakaan pada kendaraan. Dengan begitu pihak kepolisian akan mudah mengetahui informasi tentang pengemudi maupun kendaraan yang dipakai.

2.      Sabuk Keselamatan

Sabuk keselamatan juga merupakan kelengkapan saat anda berkendara dengan kendaraan roda empat atau lebih. Alat ini berguna untuk menahan tubuh anda jika terjadi tabrakan atau benturan. Dengan begitu tubuh anda tidak akan terpental maupun terbentur.

3.      Ban Cadangan

Ban cadangan juga termasuk kelengkapan bagi pengemudi kendaraan roda empat atau lebih. Hal ini juga penting dipersiapkan jika anda akan melakukan perjalanan jarak jauh. Ban cadangan bisa digunakan jika ban kendaraan anda mengalami bocor atau pecah. Dengan begitu anda akan bisa meelanjutkan perjalanan dan mencari tempat tambal ban terdekat.

4.      Dongkrak

Dongkrak juga sangat penting jika anda berkendara dengan kendaraan roda empat atau lebih. Alat ini akan membantu anda mengangkat body mobil anda jika akan mengganti ban atau memperbaiki mesin yang ada di bawah.

5.      Segitiga Pengaman

Untuk anda yang berkendara dengan kendaraan roda mepat atau lebih sangat penting membawa segtiga pengaman. Alat ini berguna memberitahu pengendara lain jika mesin kendaraan anda mati atau membutuhkan jalan yang sedikit lebar.

6.      Perlengkapan P3K

Kelengkapan berkendara bagi pengemudi kendaraan roda empat atau lebih yang tidak kalah penting adalah perlengkapan P3K. Perlengkapan P3K berisi obat-obatan atau perban yang berguna jika anda mengalami luka saat berkendara. Obat-obatan tersebut biasanya hanya obat mual dan pusing dan jika ada luka parah sebaiknya segera dibawa ke rumah sakit.

Penulis      : Joni

Editor       : Nora

Publisher : Juliadi