Tribratanews.kepri.polri.go.id-Perjalanan di malam hari memang sedikit banyak mengandung resiko yang lebih tinggi daripada perjalanan pagi ataupun siang hari. Hal itu tentunya disebabkan karena kegelapan malam yang mengganggu jarak pandang kita. Coba bandingkan dengan perjalanan yang dilakukan pada waktu pagi atau siang hari yang terang. Tentunya jarak pandang kita akan lebih luas dalam suasana terang. Namun memang perjalanan malam hari menjadi pilihan bagi sebagian orang. Khususnya pada saat mudik lebaran, banyak pemudik yang memilih melakukan perjalanan pada malam hari. Begitu juga bagi kamu yang memang memiliki kesibukan padat dan terpaksa pulang di malam hari. Untuk itu berikut ini akan disajikan tips perjalanan malam hari bagi kamu yang mungkin pulang kerja malam ataupun bagi pemudik yang memilih perjalanan malam hari.

  1. Siapkan Kondisi Fisik

Kondisi fisik menjadi hal yang paling utama untuk diperhatikan sebelum kamu memulai perjalanan di malam hari. Baik kamu naik motor atau naik mobil sama pentingnya untuk mempersiapkan kondisi fisikmu. Nah bagaimana jikalau memang harus pulang malam karena tuntutan pekerjaan? Jika demikian sebaiknya kamu jangan buru-buru pulang. Sediakan waktu sebentar untuk membuat tubuhmu rileks dan rasa lelahmu sedikit berkurang. Setelah itu baru kamu lakukan perjalanan pulang ke rumahmu.

  1. Jangan Minum Obat Yang Menyebabkan Kantuk

Mengantuk menjadi problem yang seringkali menyebabkan kecelakaan kendaraan. Untuk itu sebaiknya kamu jangan minum obat yang menyebabkan kantuk. Jika memang harus minum obat itu, jangan langsung lakukan perjalanan malam setelah minum obat. Tunggu 2 hingga 3 jam setelah kamu minum obat baru lakukan perjalanan malam.

  1. Usahakan Ada Teman Perjalanan

Tips perjalanan malam hari selanjutnya adalah usahakan kamu tidak melakukan perjalanan malam sendirian. Dengan adanya teman perjalanan, kamu bisa ngobrol dengannya untuk menghilangkan kantuk.

  1. Hindari Jalan Alternatif Yang Kurang Cahaya

Sebisa mungkin hindarilah melewati jalan alternatif yang gelap pada malam hari. Mengambil jalan memutar yang sedikit agak jauh arahnya akan lebih baik untukmu saat melakukan perjalanan di malam hari.

  1. Pastikan Lampu Kendaraan Berfungsi Dengan Baik

Saat melakukan perjalanan malam hari dengan menggunakan kendaraan, hal terpenting yang harus kamu pastikan adalah lampu kendaraan. Sebelum melakukan perjalanan malam, pastikan lampu kendaraanmu berfungsi dengan baik. Bukan hanya lampu utama saja, tapi lampu sein dan lampu rem pun harus kamu pastikan berfungsi dengan baik. Hal ini merupakan tips perjalanan malam hari yang wajib kamu ketahui.

 

Penulis    : Joni

Editor      : Nora

Publisher : Juliadi