Tribratanews.kepri.polri.go.id = Jual beli narkoba dapat menyebabkan masalah di lingkungan mana pun. Walaupun rumah dan tempat parkir kosong merupakan tempat yang ideal bagi pengedar narkoba untuk melakukan transaksinya, namun tempat-tempat tersebut bukanlah satu-satunya tempat di mana jual beli narkoba dapat terjadi. Beberapa orang menjual narkoba langsung di rumahnya atau bahkan di jalan buntu di pinggiran kota yang nyaman. Sangat dimengerti bahwa Anda ingin menyingkirkan ancaman ini dari lingkungan Anda, dan ada beberapa hal yang dapat Anda dan komunitas Anda lakukan. Anda harus menghindari menghadapi para pengedar narkoba secara langsung, dan jangan pernah main hakim sendiri. Anda perlu bekerja sama sebagai tim dan ingatlah bahwa akan lebih aman jika bergerak dalam kelompok.

Mengidentifikasi Kegiatan Jual Beli Narkoba di Lingkungan Sekitar

  1. Berbicaralah dengan tetangga Anda dan pemilik rumah lainnya di wilayah Anda. Akan lebih mudah untuk mengidentifikasi, menghentikan, dan mencegah kegiatan jual beli narkoba di lingkungan Anda jika Anda melakukannya bersama-sama. Tetangga Anda mungkin sudah mengetahui hal yang belum Anda ketahui, dan sebaliknya.
  2. Perhatikan jika ada aktivitas yang janggal. Jika Anda mencurigai akan adanya kegiatan jual beli narkoba yang terjadi di lingkungan Anda, lihatlah tanda-tandanya. Pengunjung di waktu yang janggal, jendela yang tertutup, dan bau yang aneh mungkin merupakan pertanda dari aktivitas jual beli narkoba.[1]
  • Banyaknya orang yang berjalan kaki dari dan menuju ke suatu rumah, serta berkeliaran dan berkumpul tidak jelas, bisa jadi merupakan pertanda bahwa ada kegiatan ilegal tersembunyi yang sedang terjadi.
  • Pola lain yang mencurigakan adalah adanya banyak mobil yang berhenti di rumah tersebut untuk waktu yang singkat dan kemudian langsung pergi.
  • Pertanda lain yang memungkinkan adanya kegiatan jual beli narkoba meliputi mencoret tembok dan aktivitas geng di wilayah tersebut, walau hal ini tidak selalu berhubungan dengan aktivitas narkoba.
  1. Perhatikanlah jika terdapat perlengkapan obat-obatan. Secara mengejutkan, orang dapat menjadi ceroboh dalam menyembunyikan perlengkapan obat-obatan seperti jarum suntik dan pipa, bahkan ketika polisi telah ditempatkan di dalam lingkungan tersebut. Jika Anda melihat dan mengetahui keberadaan dari perlengkapan ini, hubungi polisi.
  • Jika Anda menemukan bukti keberadaan perlengkapan obat-obatan terlarang tersebut, “jangan” mengambilnya atau mencari material lainnya. Catat tempat di mana Anda menemukan barang tersebut, jenis perlengkapan obat, pada tanggal dan jam berapa Anda menemukannya, lalu laporkanlah rincian tersebut kepada polisi.
  1. Catatlah rincian sebanyak mungkin. Berhati-hatilah dan jangan menghampiri orang yang berpotensi menjadi pengedarpengedar narkoba. Anda dapat membantu polisi untuk melakukan tindakan yang tepat dengan mengumpulkan rincian mengenai observasi aktivitas narkoba di lingkungan Anda. lakukan Jika si pengedarpengedar narkoba tinggal di dekat rumah Anda, Anda dapat mencatat aktivitas jual beli narkoba dari rumah Anda sendiri.
  • Jika Anda melihat aktivitas lalu lintas kendaraan yang mencurigakan, segera catat nomor plat, jenis dan warna kendaraan, serta kurang lebih berapa kali kunjungan tersebut dilakukan.
  • Jika Anda memiliki kecurigaan terhadap orang tertentu, catatlah deskripsinya secara rinci termasuk tinggi badan orang tersebut, perawakan, warna rambut, dan ciri-ciri khusus lainnya. Jangan lupa untuk mencatat situasi-situasi relevan yang menumbuhkan kecurigaan Anda.
  • Jika Anda merasa bahwa situasinya berbahaya, waspadalah. Janganlah mengumpulkan informasi secara terbuka, mengambil foto, atau melakukan hal lainnya yang dapat memancing si pengedarpengedar narkoba. Ingat: Jika mereka beroperasi di lingkungan Anda, mereka dapat mengetahui Anda.
  1. Hubungi polisi. Anda dapat memilih untuk tidak memperkenalkan diri Anda jika Anda memang merasa lebih aman seperti itu. Berikanlah informasi serinci mungkin kepada polisi tentang situasi yang telah Anda amati: Tempat operasi jual beli narkoba yang Anda yakini, rupa si pengedar, kapan saja pembeli datang, berapa banyak mobil yang Anda lihat, dan sebagainya.
  • Menelepon dari tempat yang aman. Jangan menelepon dari tempat yang dapat dilihat atau didengar oleh pengedarpengedar narkoba. Jangan memberi tahu orang yang Anda curigai sebagai pengedarpengedar narkoba bahwa Anda akan menelepon polisi.
  • Selalu hubungi polisi dan biarkan mereka yang mengurus aktivitas jual beli narkoba yang terjadi. Mencoba untuk menghentikan kegiatan kriminal tersebutsendiri dapat membahayakan diri Anda atau orang lain. Hal ini nantinya juga dapat mempersulit proses pengusutan kasus kriminal yang berhubungan dengan kegiatan jual beli narkoba tersebut. .

 

Penulis : Joni Kasim

Editor  : Nora Listiawati

Publisher : Radhes Langgeng