Tribratanews.kepri.polri.go.id – Polda Kepri menggelar bakti sosial donor darah dalam rangka mengisi bank darah bersama dengan PMI Batam jelas Kabid Humas Polda Kepri Harry Goldenhardt S., S.IK., M.Si pada Senin (6/4/2020).

Kegiatan Donor dalam rangka mengisi bank darah bersama dengan PMI Batam tersebut dilaksanakan di Gedung Lancang Kuning Polda Kepri yang diikuti oleh Dir Narkoba, Kayanma dan Personil Polda Kepri.

Donor darah adalah proses dimana penyumbang darah secara sukarela diambil darahnya untuk disimpan di Bank Darah. Apabila sewaktu-waktu dapat dipakai untuk menolong orang lain yang membutuhkan. Sekantong darah yang didonorkan seringkali dapat menyelamatkan nyawa seseorang.

Manfaat Donor darah bagi pendonor sendiri sangat banyak, antara lain :
1. Menjaga kesehatan jantung, donor darah akan menstabilkan kadar zat besi dalam darah sehingga menurunkan resiko penyakit jantung.
2. Meningkatkan Produksi sel darah merah, kita akan mendapatkan pasokan darah baru setiap kali mendonorkan darah.
3. Membantu penurunan berat badan, donor darah membantu proses pembakaran kalori dalam tubuh.
4. Mendapatkan kesehatan Rohani, menyumbangkan hal yang tidak ternilai harganya kepada yang membutuhkan akan membuat kita merasakan kepuasan batin dan menjadi amal ibadah bagi yang bersangkutan.
5. Kegiatan pemeriksaan Lab sederhana terdiri dari pemeriksaan Kolesterol, asam urat dan gula darah, yang bermanfaat untuk mendeteksi kesehatan kita secara dini yang terkait dengan kelebihan ke tiga zat tersebut.

Adapun kegiatan donor darah Polda Kepri bersama dengan PMI Kota Batam dalam rangka memenuhi stok darah di PMI Kota Batam mengingat terbatasnya masyarakat yang melakukan donor darah setelah adanya wabah covid-19.

Kegiatan Donor darah tersebut diikuti sebanyak 50 orang pendonor. Selama kegiatan berlangsung acara berjalan dengan sukses dan lancer. “Setetes Darah Anda Nyawa Bagi Sesama,” imbuh Kabid Humas Polda Kepri, Kombes Pol. Harry Goldenhardt S., S.IK., M.Si.