Tribratanews.kepri.polri.go.id – Kapolda Kepri, Irjen Pol Andap Budhi Revianto, SIK menghadiri peresmian rumah sakit khusus penanganan Covid-19 di Pulau Galang oleh Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan I (Pangkogabwilhan I), Laksamana Madya TNI Yudo Margono, Senin (6/4/2020).

Pembukaan rumah sakit ini juga dihadiri oleh rombongan Pangkogabwilhan I, Pangdam I/BB Mayjen TNI MS Fadhilah, Wakapolda Kepri Brigjen Pol. Yan Fitri Halimansyah, MH, hingga Kabid Humas Polda Kepri.

Adapun sebelum peresmian, Pangkogabwilhan I bersama rombongan terlebih dahulu melakukan peninjauan terhadap kesiapan bangunan, peralatan medis serta dokter dan tenaga medis.

Meski sudah beroperasi, rumah sakit ini belum dapat menerima pasien dikarenakan masih melakukan penyesuaian dan uji fungsi peralatan medis serta uji tugas tenaga medis.

Sebelumnya juga dijelaskan, total kapasitas rumah sakit darurat Corona di Pulau Galang ini mencapai 1.000 ruangan dengan rincian antara lain kamar untuk ruang observasi, kamar untuk PDP, hingga ruang ICU. Sedangkan untuk tenaga medis berjumlah 241 orang.

RS Khusus Covid-19 yang rencananya akan menampung WNI dari Luar Negeri ini telah diresmikan pada Senin (6/4/2020) pukul 15.10 wib. Kendati demikian, Pangkogabwilhan I menyebutkan bahwa peresmian rumah sakit ini terdiri dari dua tahap, yang mana tahap kedua akan dilakukan setelah beroperasi.