Tribratanews.kepri.polri.go.id – Bintan adalah salah satu kabupaten di Kepulauan Riau yang banyak dikunjungi wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Tak mengherankan akan keindahan alam di sekitar pantai, salah satunya di pesisir Pantai Desa Teluk Bakau tepatnya dibelakang Gedung MTQ Bintan. Akan keindahan alam pantai tesebut, Kapolsek Gunung Kijang AKP MONANG P. SILALAHI bersama Mahasiswa Umrah melaksanakan kegiatan penanaman sekaligus pelestarian pohon mangrove di pesisir Pantai Desa Teluk Bakau itu.

Kebersamaan yang dilakukan oleh Kapolsek Gg. Kijang satu ini, sangat dibutuhkan bagi kaula muda untuk membangkitkan semangat pelestarian hutan magrove yang semakin lama semakin berkurang, karena  aktivitas manusia dalam memenuhi kebutuhan hidup serta tidak sesuainya faktor alam dengan kondisi fisik yang dibutuhkan hutan mangrove sehingga hutan mangrove ini butuh perhatian lebih.

Terlebih lagi Kapolsek Gg. Kijang ini mengatakan penanaman pohon mangrove sangat bermanfaat untuk mencegah erosi tanah disekitar pantai akibat pasang surut air laut serta hantaman ombak kuat disaat musim angin Utara ini. Adapun jumlah pohon mangrove yang ditanam oleh Kapolsek Gg. Kijang bersama Mahasiswa Umrah ini sebanyak kurang lebih 50 pohon.

“Dalam hal ini saya mewakili Kelompok Nelayan Traditional Indonesia (KNTI) sangat mengapresiasi langkah pak Kapolsek Gg. Kijang bersama, karena selain mengayomi masyarakat, beliau juga memberikan edukasi bagaimana melestarikan alam,” kata Buyung

Tujuan dari penanaman mangrove tersebut yaitu untuk menjaga kelestarian alam dan penguatan daerah pesisir pantai dari abrasi, khususnya di daerah Teluk bakau Kecamatan Gunung Kijang.