tribratanews.kepri.polri.go.id-Tidak salah apabila ada yang berpendapat bahwa masa remaja adalah masa paling berbahaya dan paling menentukan masa depan manusia. Pemikiran remaja memang masih labil dan mudah dipengaruhi. Hanya beberapa remaja yang dapat tumbuh dengan baik dan tanpa terpengaruh orang lain.

Mengenai masalah remaja, orang tua harus mengetahui faktor penyebab kenakalan remaja masa kini. Karena seorang paling berpengaruh dalam tumbuh kembang remaja adalah orang tua. Berikut beberapa faktor penyebab kenakalan remaja masa kini.

  1. Pemikiran Tidak Merokok Banci

Pola pikir bahwa tidak merokok banci atau belum keren, merupakan penyebab terbanyak kenakalan remaja masa kini, padahal banci juga merokok. Indonesia memang tidak mengharamkan rokok namun tetap saja merokok kegiatan yang buruk. Salah satu cara merusak remaja adalah dengan hal yang dianggap ringan seperti merokok. Padahal merokok adalah salah satu gerbang menuju kenakalan remaja lainnya.

Parahnya remaja akan mudah terpengaruh dengan kalimat “ tidak merokok sama halnya dengan banci, cupu lo” , maka sebagai orang tua Anda harus selalu mendidik jangan terpengaruh dengan kalimat seperti itu.

Selain itu merokok juga tidak baik untuk kesehatan, banyak memberikan tentang informasi bahaya merokok disertai gambar akan menyebabkan remaja enggan merokok.

  1. Perkelahian Untuk Menyelesaikan Masalah

Perkelahian identik dengan remaja laki-laki, namun banyak juga remaja perempuan yang melakukan tindakan serupa. Emosi remaja yang masih labil akan memicu untuk menyelesaikan masalah dengan kekerasan. Cara untuk mendidik anak dari perkelahian adalah dengan memperdalam ilmu agama.

  1. Melakukan Pacaran Untuk Motivasi Belajar

Kenakalan remaja masa kini yang sering dilakukan dan dianggap biasa adalah pacaran. Bahkan orang tua banyak yang mengijinkan anak mereka pacaran, padahal pacaran hanya akan berdampak buruk dengan prestasi remaja. Apabila ada yang beralasan untuk motivasi belajar sebenarnya itu omong kosong dan akal- akalan anak agar direstui pacaran. Bagi Anda yang melarang anak Anda pacaran adalah pilihan tepat.

Kenakalan remaja memang sulit untuk dicegah, namun bukan berarti tidak bisa diatasi. Ajarkan dan tanamkan sikap menolak terhadap pengaruh buruk lingkungan.

Penulis       : Adrian Boby
Editor         : Nora Listiawati
Publisher   : Nora Listiawati