Tribratanews.kepri.polri.go.id – Polresta Barelang kembali mendapat penghargaan dari Kementerian Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Republik Indonesia. Penghargaan itu diberikan atas prestasi penyelenggara pelayanan publik di tahun 2019. Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Menpan-RB, Thahjo Kumolo di Hotel Holiday Inn Jalan Griya Utama, Sunter, Jakarta Utara pada Rabu (20/11/2019) lalu.

Penghargaan ini diterima langsung oleh Kapolresta Barelang, AKBP Prasetyo Rachmat Purboyo, S.I.K., M.H didampingi oleh Kasat Lantas Polresta Barelang, AKP Muchlis Nadjar dan Kasat Intelkam Polresta Barelang, AKP Daeng Sarah. Turut hadir, para pejabat Mabes Polri, Kapolda dan para Kapolres serta Kasat Lantas dan Intelkam yang masuk nominasi penilaian pelayanan terbaik.

Polresta Barelang berhasil mendapat predikat Sangat Baik (A-) dalam kategori pelayanan prima Surat Izin Mengemudi (SIM) dan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) di Tahun 2019. “Ini hasil kerja keras, komitmen, dan integritas tinggi personel Polresta Barelang,” kata Kapolresta Barelang, AKBP Prasetyo Rachmat Purboyo, S.I.K., M.H.

Prestasi gemilang diraih Polresta Barelang ini mengacu pada Undang-Undang Pelayanan Publik Nomor 25 Tahun 2009 yang mengatur terkait prinsip-prinsip pemerintahan yang baik. Penilaian penghargaan tersebut, mengacu pada enam aspek yaitu, kebijakan pelayanan, profesionalitas SDM, inovasi, sarana dan prasarana, sistem informasi pelayanan publik (SIPP) serta, konsultasi dan, pengaduan.

Kendati mendapat perolehan nilai sangat baik, Prasetyo tak lantas berpuas diri. Ia tetap meminta jajaran Polresta Barelang terus meningkatkan mutu dan kualitas pelayanan. “Tugas utama polisi adalah melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat,” tuturnya.

Kedepannya, Polresta Barelang berkomitmen untuk terus meningkatkan pelayanannya pada masyarakat. Tahun depan, Polresta Barelang akan menargetkan untuk mendapatkan nilai sempurna (A).

Penghargaan ini bukan kali pertama diperoleh Polresta Barelang. Tahun 2018 Polresta Barelang juga mendapat penghargaan pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBK/WBBM). Ini menandakan bahwa kinerja Polresta Barelang sangat bagus.