tribratanews.polri.kepri.go.id – Pada hari Senin, tanggal 14 Oktober 2019, sejumlah bhabinkamtibmas jajaran polsek – polsek melaksanakan tugas sebagai pembina upacara di sejumlah sekolah di karimun. Adapun kegiatan ini merupakan pelaksanaan program kerja dari Kapolres Karimun agar Bhabinkamtibmas semakin mempererat tali silaturahmi dengan instansi Pendidikan. Selain itu, kegiatan ini merupakan salah satu wujud pembinaan institusi Polri kepada para pelajar atau anak anak usia dini agar tidak terlibat dalam perbuatan negatif, anarkis atau kenakalan remaja lainnya.

Dalam kegiatan tersebut amanat sebagai pembina upacara mengajak dan menghimbau para guru untuk meningkatkan hubungan emosional yang baik dengan para pelajar, wali murid dan perangkat sekolah, meningkatkan peran pengawasan dan pembinaan terhadap para anak didiknya, meningkatkan peran penjaga sekolah sesuai tugas pokoknya untuk mencapai lingkungan aman, menegakkan peraturan sekolah, dan memberikan tindakan kepada siapapun yang melanggar peraturan sekolah, menjalin kerjasama dengan POLRI, dalam hal ini fungsi yang dikedepankan adalah Bhabinkamtibmas, serta jangan termakan berita – berita hoax dan ajakan demonstrasi yang berujung anarkis.

Selain itu bhabinkamtibmas juga mengajak para siswa untuk meningkatkan iman dan ketaqwaan kepada Tuhan YME sebagai sandaran kebahagiaan dunia dan akhirat, meningkatkan hubungan baik antara sesama pelajar, santun kepada Bapak/Ibu Guru, orang tua, konsentrasikan diri pada 3 DB (Disiplin Belajar, Disiplin Beribadah, dan Disiplin Berolahraga) karena tugasmu adalah belajar dan berprestasi, berhati-hati di jalan dan taati aturan berlalulintas.

Tak luput juga apabila melihat atau menjumpai sesuatu bentuk pelanggaran hukum segera laporkan kepada polisi. Dan yang terpenting ialah jauhi narkoba dan tindakan bullying serta ajaran-ajaran yang menjurus ke paham radikal/radikalisme.

“Mari kita jaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia, tanamkan pada dirimu hanya satu tujuan yaitu perjalanan mencapai cita-cita. Jangan mau ikut dalam kegiatan berdemo, karena kegiatan berdemo rentan menjadi kegiatan anarkis. Sampaikan aspirasimu bagi negara melalui prestasi”, pesan pak bhabin.

“Diharapkan kegiatan ini memperat jalinan silaturahmi antara Polri dan institusi pendidikan dengan demikian kehadiran Polri di kab karimun bagi guru dan pelajar semakin dirasakan sebagai pelindung, pengayom, dan pelayan masyarakat yang promoter.” ungkap Kapolres Karimun.