Tribratanews.kepri.polri.go.id/Polres Natuna-Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Prof Dr.Muhadjir Effendy.M.A.P resmikan peluncuran program Digitalisasi Sekolah Di Kabupaten Natuna bertempat di Gedung Serbaguna Sri Serindit jalan Yos Sudarso Kecamatan Bunguran Timur , Rabu (18/09/2019) Siang.

Turut hadir dalam acara Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia  Prof Dr.Muhadjir Effendy.M.A.P, Sekjend Diknas Didi Suhardi , Bupati Natuna Drs.H.Hamid Rizal , FKPD, Sekda Natuna Wan Sis Wandi ,OPD , Dewan Pendidikan Natuna , Tokoh Pendidikan ,Tokoh Agama ,Tokoh Masyatakat, para Guru dan Siswa Sekolah SD.SMP,SMA,SMK Se Kabupaten Natuna .

Peluncuran ditandai dengan penekanan tombol tablet. Disaksikan Bupati Natuna Hamid Rizal, Sekjen Kemendikbud, serta tamu undangan lainnya,Usai peluncuran, Mendikbud melakukan demo pemanfaatan Sekolah Digital, kemudian diikuti oleh seluruh siswa yang hadir.

Dalam Sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI bpk. Prof. Dr. Muhadjir Effendy, M.A.P Republik Indonesia memiliki 17.000 lebih pulau yang tersebar di 34 provinsi dengan luas wilayah mencapai 1,91 juta KM persegi yang terbentang dari Sabang sampai Merauke serta jumlah penduduk diperkirakan sekarang ini 265 juta jiwa dengan jumlah siswa sekitar 50 juta siswa dengan jumlah sekolah sekitar  216.000 sekolah.

Oleh karena itu Bpk. Presiden RI telah  memberi arahan kepada  semua Menteri termasuk Mendikbud harus memberikan perhatian kepada wilayah pinggiran  termasuk wilayah yang tergolong 3T Tertinggal, Terluar  dan Terbelakang untuk  segera merealisasi penggunaan teknologi informasi dan mempercepat akses pelayanan pendidikan di wilayah  pinggiran.

Kita menyatakan siap untuk memulai merealisasi program penggunaan teknologi informasi secara besar-besaran di lingkungan pendidikan yang dimulai dari wilayah pinggiran dan kita putuskan bahwa langsungnya adalah di kabupaten Natuna yang dilihat dari capaian kinerja dan pendidikan yang ada di Pulau Natuna.

“Dengan adanya program digitalisasi ini saya mengharapkan kepada Guru untuk dapat memanfaatkan teknologi informasi yang selama ini  untuk kepentingan proses belajar mengajar untuk meningkatkan kualitas pendidikan peserta didiknya di pulau Natuna” ucap Mendikbud.

Serta Megharapkan materi-materi yang tersedia di dalam portal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan khususnya yang ada di dalam platform digital yaitu Rumah Belajar digital kita  dapat di manfaatkan dengan sebaik-baiknya dan Akses  tersebut  tidak perlu membayar.

Diakhir acara, dilakukan penyerahan bantuan 8 unit laptop dan 2 buah voucher, oleh Mendikbud kepada PKB, SKB, dan Penyerahan Taman bacaan masyarakat (TBM) kepada  Rumah  Baca Natuna yang merupakan trobosan kreatif Bhabinkamtibmas Kel. Ranai Polsek Bunguran Timur  Polres Natuna Brigadir Mudiyanto  Dilanjutkan dengan penyerahan Kartu Indonesia Pintar (KIP) secara simbolis.

Dan dilaksanakan penyerahan SK pusat sumber belajar program PKP berbasis zonasi, dari Bupati kepada 3 sekolah terpilih (2 SD dan 1 SMP).

Usai pelaksanaan peluncuran program Digitalisasi Sekolah Di Kabupaten Natuna bertempat di Gedung Serbaguna Sri Serindit, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia didampingi Bupati Natuna dan FKPD Kab. Natuna melakukan peninjauan ke SDN 12 Ranai dan SMP N 1 Bungura  Timur. (Cris)