Tribratanews.kepri.polri.go.id – Rakyat Indonesia telah melaksanakan pesta demokrasi pada hari Rabu, 17 April 2019. Situasi dan kondisi di wilayah Kepulauan Anambas pasca pemilu tetap aman dan kondusif.

Pasca pelaksanaan pemilu 2019 Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas dan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD), Bawaslu, Forkopimda, pimpinan Parpol, bersama Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda, serta Tim Sukses Capres Cawapres diwilayah Kabupaten Anambas gelar silaturahmi deklarasi Pemilu Damai.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Gedung Balai Pertemuan Masyarakat Siantan (BPMS) Kelurahan Tarempa, Kecamatan Siantan, Kabupaten Kepulauan Anambas pada hari Rabu, 01 Mei 2019.

Pada deklarasi tersebut dihadiri oleh Bupati Kepulauan Anambas Abdul Haris, SH, Ketua KPUD , Jufri Budi, SE, Ketua Bawaslu, Yopi Susanto, SE, Kapolres Anambas AKBP Junoto, S.I.K dan Pasintel Lanal Tarempa yang mewakili Danlanal Tarempa juga Kapten Imam Hanafi, Plh Danramil Tarempa, Peltu Amrullah.

Turut hadir juga Asisten II Pemkab Kabupaten Kepulauan Anambas, Caterina, Asisten III Pemkab , Drs. H. Yendi, MM, Kabag Kesbangpol , Eko Desi, sejumlah anggota Polres Kepulauan Anambas dan Tokoh Masyarakat beserta Pimpinan Partai Politik Kabupaten Kepulauan Anambas.

Pada kesempatan itu, Kapolres Kabupaten Kepulauan Anambas AKBP Junoto, S.I.K memberikan apresiasi kepada Pemerintah Daerah yang telah membantu melaksanakan kegiatan deklarasi bersama tersebut.

“Kami bersama TNI-POLRI hingga saat ini masih melakukan pengamanan pengawalan logistik Pemilu dan pengamanan menjelang Pleno. Deklarasi bersama ini merupakan salah satu kegiatan untuk mencairkan suasana pasca pemungutan suara pada Pemilu 2019,” ungkapnya.

Tambahnya, pihak Kepolisian juga melakukan kegiatan yang ditingkatkan K2YD dalam menyambut Bulan Suci Ramadhan yang tinggal hitungan hari.

“Perbedaan pilihan dalam pemungutan suara sudah biasa, tapi diharapkan untuk saat ini kita bersatu bersama kembali untuk memajukan NKRI khususnya di wilayah Kabupaten Kepulauan Anambas,” ujar AKBP Junoto.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Kepulauan Anambas, Abdul Haris, SH menyampaikan apresiasi atas kerja sama dari semua pihak sehingga Pemilu 2019 di wilayah Kepulauan Anambas berjalan dengan aman dan lancar.

“Ketegangan yang terjadi pada sebelum dan sesudah pelaksanaan Pemilu 2019 yang lalu sudah kita lewati dan untuk saat ini kita sudah merasakan cairnya suasana, harapan saya kedepan kita semua selalu kompak untuk NKRI dan memajukan Kabupaten kita tercinta Kepulauan Anambas,” pungkasnya.