Tribratanews.kepri.polri.go.id – Musim kemarau yang berkepanjangan serta dibarengi dengan hembusan angin yang cukup kencang telah berdampak terjadinya kebakaran hutan dan lahan kembali di wilayah Kec. Bintan Timur, Selasa (26/02/2019) malam.

Kebakaran hutan dan lahan terjadi pada dua lokasi berbeda di Kec. Bintan Timur yakni lokasi pertama di Kp. Wacopek RT 04 RW 05 Kel. Gunung Lengkuas Kec. Bintan Timur dengan luas lahan ± 5 Ha dan pemiliknya an. Sdr. Yonghun, sementara lokasi kedua berada di Kp. Sungai Enam Laut RT 02 RW 01 Kel. Sungai Enam Kel. Sungai Enam Kec. Bintan Timur dengan luas lahan 0,5 Ha dan pemilik lahan an. PT. Aneka Tambang.

Kapolres Bintan AKBP Boy Herlambang, SIK, M.Si mengatakan pada lokasi pertama kebakaran lahan diketahui pukul 16.00 Wib dan api berhasil dijinakkan sampai dengan pukul 20.30 Wib, sementara pada lokasi kedua kejadian karhutla diketahui pukul 22.15 Wib dan berhasil ditanggulangi hingga pukul 23.00 Wib, kedua lokasi tersebut merupakan lahan kosong namun pemiliknya sudah diketahui.

“Saya telah memerintahkan Kapolsek Bintan Timur supaya turun langsung kelapangan menanggulangi karhutla tersebut agar tidak meluas dan selalu bersinergi dengan unsur terkait serta masyarakat” ujar Kapolres Bintan.

Sementara itu dari pantauan dilapangan, terlihat Kapolsek Bintan Timur AKP Muchlis Nadjar, SH, SIK bersama personil Polsek Bintan Timur dan UPT Damkar Kec. Bintan Timur dengan mengerahkan dua unit mobil damkar serta warga masyarakat saling bahu membahu memadamkan kobaran api yang membakar lahan kosong dimaksud.

“Dalam kejadian ini tidak terdapat korban jiwa sementara penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan, dan kami senantiasa menghimbau kepada warga masyarakat mengingat sekarang ini musim kemarau mohon agar tidak membakar sampah disekitar lahan kosong atau membuka lahan kosong dengan cara membakar karena tindakan tersebut dapat diancam dengan hukuman pidana” ungkap AKP Muchlis.