Tribratanews.kepri.polri.go.id – Dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional 2019, Polres Lingga menggelar kerja bakhti membersihkan pantai, Kamis (21/02/2019).

Kerja Bakhti kali ini dilaksankaan di Pantai Sergang, Kec. Singkep dengan dipimpin langsung oleh Kapolres Lingga AKBP Joko Adi Nugroho, S.I.K., M.T.

Dalam kesempatan tersebut Kapolres Lingga mengucapkan terima kasih kepada semua peserta yang ikut berpartisipasi dalam memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) ini.

Kegiatan ini bertujuan untuk memotivasi masyarakat agar lebih baik dalam pengelolaan sampah sehingga memiliki nilai ekonomis dan menekan dampak negatif sampah terhadap lingkungan.

“Di era modern sekarang ini Pemerintah sudah banyak melakukan inovasi untuk menanggulangi berbagai macam bentuk dan berbagai macam banyak sampah. Kita mengenalnya dengan 4 R yaitu Replace, Reduce, Recyle, dan Reuse” ucap Kapolres Lingga.

Replace dapat diartikan dengan menganti bahan bahan berbahan plastik dengan bahan logam, kaca, dan kertas. Reduce diartikan mengurangi penggunaan bahan pelastik. Recycle diartikan mendaur ulang bahan bahan plastik menjadi bahan yang berguna, Reuse diartikan menggunkan kembali bahan bahan hasil daur ulang.

Selain itu, Kapolres Lingga juga menambahkan bahwa untuk Menjaga lingkungan itu dapat dilakukan dari hal hal kecil, mulai dari membongkar bongkar tempat sampah, memilah sampah organik dan anorganik serta menjaga kebersihan lingkungan.

Dikesempatan yang sama, Kapolres Lingga juga mengundang Akari Ceq’Connon untuk bersama sama mengaplikasikan inovasi 4 R dengan cara membuat kostum karnaval dari bahan sampah hasil Recyle, yang dapat diartikan bahwa dari bahan dasar sampah dapat digunakan kembali dan menjadi kostum karnaval sehingga dapat mengurangi limbah sampah.

Diakhir kapolres Lingga menekankan bahwa menjaga kebersihan lingkungan bukan hanya tanggung jawab pemerintah melainkan tanggung jawab kita bersama sebagai warga Negara Indonesia.(Ir)