Tribratanews.kepri.polri.go.id – Kepolisian Negara Republik Indonesia membuka penerimaan Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana (SIPSS) tahun 2019, pendaftaran dimulai pada tanggal 15 Januari 2019 s/d 1 Februari 2019 dan dapat dilakukan secara online melalui website Polri www.penerimaanpolri.go.id yang selanjutnya akan diverifikasi ulang ke Bagian Pengendalian Personil Biro SDM Polda Kepri.

Ditemui diruangan kerjanya, Kapolres Bintan melalui Kabag Sumda Polres Bintan Kompol Hotlan Butar Butar mengatakan pihaknya telah menyikapi perintah dari Polda Kepri untuk mengkampanyekan penerimaan Perwira Polri Sumber Sarjana dengan membuat dan memasang spanduk pemberitahuan yang ditempatkan pada lokasi strategis diseluruh wilayah Polsek dalam jajaran Polres Bintan.

“Kita telah memasang spanduk pemberitahuan dan memberdayakan Bhabinkamtibmas yang ada di Polsek untuk berperan aktif mengkampanyekan penerimaan SIPSS tahun 2019 ini” ujar Kabag Sumda.

Kompol Hotlan Butar Butar menambahkan persyaratan sebagai calon peserta SIPSS tahun 2019 yakni warga negara Indonesia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME; setia kepada NKRI, Pancasila dan UUD 1945; umur minimal 18 tahun; sehat jasmani dan rohani serta bebas narkoba yang dibuktikan dengan surat keterangan bebas narkoba dari instansi yang berwenang; tidak sedang terlibat kasus pidana atau tidak pernah dipidana karena melakukan kejahatan yang dibuktikan dengan SKCK dari Polres setempat; berwibawa, jujur dan adil dan berkelakuan tidak tercela; serta bersedia ditempatkan dan ditugaskan diseluruh wilayah NKRI sesuai keahlian dan latar belakang program studinya.

Untuk disiplin keilmuan sebagai persyaratan khusus mengikuti SIPSS tahun 2019 meliputi Strata Dua (S2) sebanyak 4 Prodi antara lain Kedokteran Forensik; Kedokteran Klinis; Psikologi dan Ilmu Agama (Tafsir Hadist), sementara Strata Satu (S1) sebanyak 30 Prodi meliputi Kedokteran Umum; Kedokteran Gigi; Kedokteran Hewan; Teknik Informatika; Bahasa Arab; Bahasa Mandarin; Ekonomi Akuntansi; Ekonomi Keuangan; Perpajakan; Hubungan Internasional; Teknik Elektro; Kimia Murni; Teknik Kimia; Biologi; Teknik Sipil; Teknik Mesin; Teknik Metalurgi dan/atau Teknik Material; Komunikasi; Desain Grafis; Farmasi; Ilmu Kearsipan / Perpustakaan; Ilmu Gizi, Statistik; Commercial Pilot License Flying School; Agama Hindu; Agama Katholik; Desain Kominikasi Visual; Ilmu Agama (Tafsir Hadist) dan Jurnalistik.

Sedangkan untuk lulusan Diploma IV sebanyak 3 program keilmuan meliputi Ahli Nautika Tingkat III; Ahli Tekhnika Tingkat III dan Manajemen Produksi.

“Kami mengharapkan animo yang tinggi dari masyarakat Kab. Bintan untuk ikut mendaftar sebagai calon peserta SIPSS pada tahun ini” tutup Kompol Butar Butar.