Tribratanews.kepri.polri.go.id – Kecamatan Tambelan merupakan wilayah yang terpisah daratan dari wilayah induk Kabupaten Bintan terletak di laut China Selatan yang berbatasan langsung dengan Provinsi Kalimantan Barat, Kab. Kepulauan Anambas dan Provinsi Bangka Belitung.

Wilayah Kec. Tambelan sebagian besar dikelilingi oleh lautan luas dan terdapat sejumlah pulau besar dan kecil dengan pulau utamanya yakni Pulau Tambelan. Secara geografis Kec. Tambelan terdiri dari delapan wilayah desa antara lain Desa Batu Lepuk, Desa Kampung Hilir, Desa Kampung Melayu, Desa Kukup, Desa Pengikik, Desa Pulau Mentebung, Desa Pulau Pinang dan Desa Teluk Sekuni.

Polsek Tambelan pada saat ini dipimpin oleh Ipda Misyamsu Alson dengan jumlah personil Polri sebanyak 12 orang. Keterbatasan jumlah personil dan jauhnya jarak Polsek Tambelan dari satuan induk tidak menyurutkan semangat personil Polsek Tambelan dalam melaksanakan tugas pokok Kepolisian yakni melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat serta penegakan hukum dalam rangka memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat.

Kepada media ini Bhabinkamtibmas Pulau Pinang yang saat ini diemban oleh Bripka Bayu Anderiadi menceritakan bahwa desa binaannya yakni Desa Pulau Pinang dengan luas wilayah lebih kurang 1 Km² merupakan pulau yang terpisah lautan dan daratan dari kecamatan induk yang terdiri dari gugusan pulau pulau kecil sebanyak enam buah.

Jarak tempuh ke pulau tersebut dari kecamatan induk menempuh waktu perjalanan lebih kurang 6 jam pergi dan 6 jam kembali dengan menggunakan sarana pompong milik masyarakat.

“Pada musim angin utara ini yang dimulai pada bulan November s/d Februari, kondisi cuaca sangat ekstrim, angin bertiup sangat kencang dan ketinggian gelombang laut mencapai 4 s/d 5 meter” ujar Bripka Bayu.

Desa Pulau Pinang memiliki penduduk sebanyak 40 Kepala Keluarga dan mayoritas berprofesi sebagai nelayan tradisional, sementara kondisi di pulau tersebut jauh dari sentuhan pembangunan antara lain tidak adanya penerangan listrik dan tidak adanya infrastruktur dermaga kapal.

“Dalam rangka harkamtibmas di Desa Pulau Pinang, kami selalu bersinergi dengan aparatur pemerintahan desa dan rekan Babinsa dari Koramil 0315/07 Tambelan yakni Kopka M. Harahap” sambung Bayu.

“Untuk permasalahan kamtibmas tidak ada yang menonjol namun lebih dominan sering terjadi kasus laka laut, apalagi saat ini kondisi cuaca memasuki musim angin utara” tutup Bripka Bayu.

Bagi Bripka Bayu sendiri, jauhnya jarak tempuh yang dibarengi dengan kondisi cuaca ekstrim tidak menjadi penghalang atau menyurutkan semangatnya dalam menjaga kedaulatan NKRI serta memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat di desa binaannya.