Tribratanews.kepri.polri.go.id-Tanjungpinang

Talk Show Ngopi ( Ngobrol Pagi ) bareng Aliansi Jurnalis Independen ( AJI ) yang live melalui RRI dalam Mengawal Pilkada Damai tentang Solusi Menertibkan Media Sosial pada Pilkada 2018 mendapat tanggapan positif oleh Kapolres Tanjungpinang AKBP Ardiyanto Tedjo Baskoro S.H., S.I.K. M.H., selasa (28/2) pagi.

Hal ini diungkap Ardiyanto setelah selesai menjadi narasumber dengan memberikan apresiasi yang tinggi kepada AJI karena sudah menyelenggarakan acara yang bisa memberikan pencerahan dan batasan kepada masyarakat, ASN dan para tim pemenang Paslon dalam medsos untuk mengawal Pilkada Damai, terang Ardiyanto kepada para awak media.

Jauh dari sebelum pelaksanaan Pilkada 2018 dalam pemilihan Walikota, Polres Tanjungpinang sudah membentuk Tim Cyber Troop untuk mengatasi persoalan yang ada di Media Sosial ( Medsos ) dengan melakukan profiling, cyber patrol , Take Down kepada akun Fake ( Palsu ) serta Counter Opini tentang penyebaran Hate Speech, SARA maupun berita Hoax yang kerap dijadikan untuk keuntungan ataupun kepentingan pribadi, golongan maupun organisasi yang dilakukan oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab dalam memecah belah NKRI.

Apalagi sekarang di Provinsi Kepulauan Riau saat ini hanya Kota Tanjungpinang yang memilih Kepala Daerah dalam Pilkada serentak di 171 daerah Indonesia, tentunya peran Medsos sangat berpotensi akan beredarnya berita Hoax, Hate Speech, SARA maupun Black Campaign, ujar Ardiyanto.

Polres Tanjungpinang akan selalu berkomitmen dalam mengawal Pilkada damai dan menjaga Netralitas serta menindak para oknum-oknum yang berusaha mencederai pesta demokrasi yang berlangsung, jika ditemukan nya suatu tindak pidana akan langsung kita proses sesuai Undang-Undang yang berlaku, bilamana ada pelanggaran Pemilu tentu nya Sentra Gakkumdu akan memproses sesuai aturan maupun Perundang-Undangan Pemilu, tegas Ardiyanto.

Ardiyanto juga menghimbau kepada para awak media juga bisa memberitakan sesuai fakta jangan memihak kepada salah satu pasangan calon, sehingga hilangnya Independen maupun netralitas dalam pemberitaan yang diliput tidak berimbang.

Karena kekuatan media sangat besar, jadikan masyarakat mampu menilai secara baik dalam memilih Kepala Daerah selama 5 tahun mendatang dalam memimpin serta membangun Kota Tanjungpinang dengan aman dan nyaman serta berkualitas, pungkas Ardiyanto.

 

Penulis    :    Arif Budiman

Editor      :    Tahang

Publish    :    Gunawan