Tribratanews.kepri.polri.go.id – Senin tanggal 19 Januari 2018 sekira pukul 14.30 wib telah terjadi Kebakaran hutan lindung dan lahan warga di 3 (tiga) titik di Jalan Desa Pongkar Kecamatan Tebing. Kebakaran ini diperkirakan bermula sekitar pukul 14.15 wib disekitaran lahan warga dan menyebar ke Hutan Lindung. Kebakaran ini merupakan kebakaran yg kedua kalinya pada bulan ini.

Kompi 4 Batalyon A Pelopor Satbrimob Polda Kepri mendapat laporan dari masyarakat bahwa telah terjadi kebakaran lahan warga dan hutan lindung pada pukul 14.30 wib langsung bergerak cepat menuju lokasi kebakaran berjumlah 3 titik api dan membantu masyarakat memadamkan api.

Bersama dengan warga, personil Kompi 4 Batalyon A Pelopor memadamkan api secara manual sambil menunggu kedatangan Damkar Kab.Karimun. Cuaca yg panas dan angin yg bertiup kencang membuat api sulit untuk dipadamkan dan semakin membuat api menyebar luas ke Hutan Lindung.

Lokasi kebakaran yg berbukit dan sulit dilewati, hanya bisa dilewati oleh Kendaraan Roda Dua, membuat api sulit dipadamkan. Namun berkat kerjasama dan semangat bahu membahu antara personil Kompi 4 Batalyon A Pelopor, warga masyarakat, Damkar Karimun, KPH (Kesatuan Pengelola Hutan) dan Dinas Kehutanan, api yg sedang berkobar tadi dapat dipadamkan.

Kembali pada pukul 18.00 wib api yg semulanya berhasil dipadamkan dan mobil Damkar sedang kembali melakukan pengisian air, dikarenakan lahan kering dan adanya sisa bara api, membuat api menyala kembali dan nyaris membakar Kabel Listrik PLN di Simpang PT.Mandiri Teluk Lekop Desa Pongkar Kompi 4 menurunkan mobil rantis AWC

Komandan Kompi 4 Batalyon A Pelopor IPTU RIZAL RAHIM mengatakan, “Kapanpun dan dimanapun, kami akan selalu siap untuk membantu warga masyarakat.” Semoga kebakaran ini tidak terjadi lagi”, harap RIZAL