Tribratanews.kepri.polri.go.id – Pasca terjadinya kebakaran Hutan Lindung di daerah Jalan Lintas Desa Pongkar wilayah Kelurahan Darussalam Kecamatan Meral Barat. Pada Rabu pagi ini tanggal 14 Februari 2018 Personil Kompi 4 Batalyon A Pelopor yg dpp oleh Komandan Kompi 4 Batalyon A Pelopor Satbrimob Polda Kepri IPTU RIZAL RAHIM melaksanakan pemantauan dan pengecekan ke lokasi kebakaran di Hutan Lindung yang terjadi beberapa hari lalu. Pemantauan dan Pengecekan ini kami lakukan dengan melibatkan 39 personil Kompi 4 Batalyon A Pelopor yg dibagi dalam 7 regu yg menyebar ke seluruh titik – titik api kebakaran yg terjadi kemarin.

“Ini kami lakukan untuk memastikan bahwa api benar – benar sudah padam, dikarenakan kebakaran ini sudah terjadi selama 2 hari berturut – turut di lokasi yg sama di Hutan Lindung. Ini juga merupakan suatu tindakan pencegahan dari kami supaya tidak terjadinya kebakaran susulan lagi”, pungkas Komandan Kompi 4 Batalyon A Pelopor IPTU RIZAL RAHIM.

Dari hasil pemantauan dan pengecekan ini, kami menemukan titik – titik api yg masih menyala dikarenakan tanah tersebut merupakan tanah gambut, 1 ekor burung yg mati dikarenakan sesak akibat asap dari kebakaran tersebut dan adanya tumpukan kayu bakar yg sengaja dikumpulkan oleh seseorang.

“Kami juga menghimbau kepada masyarakat sekitar lokasi kebakaran supaya tidak membakar sampah sembarangan dikarenakan bisa mengakibatkan terjadinya kebakaran. Kami lakukan ini karena kami (Kompi 4 Batalyon A Pelopor) peduli dengan lingkungan” kata Komandan Kompi 4 Batalyon A Pelopor IPTU RIZAL RAHIM.